Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

PPKM Mulai Berdampak

OPERASI: Petugas gabungan saat melakukan operasi penindakan terhadap pelanggar PPKM di beberapa wilayah di Kota Batu.( Ananto Wibowo/DI’s Way Malang Post)

Batu – Sudah hampir sepekan ini, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Batu diterapkan. Dalam kurun waktu itu, bisa dikatakan jalannya PPKM sesuai dengan yang direncanakan. Bahkan dampaknya sudah mulai terasa.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengungkapkan, berdasarkan pantauannya di Kota Batu jam 20.00 WIB sudah sepi. Bahkan ketika waktu menunjukkan pukul 21.00 WIB, sudah sepi nyenyet.

Baca Juga ----------------------------

‘’Penerapan PPKM ini, demi kebaikan kita semua. Maka dari itu saya berharap, masyarakat bisa mengerti dengan situasi seperti ini,’’ tutur Dewanti kepada Di’s Way Malang Post, Jumat (15/1).

Menurutnya, dalam penerapan PPKM ini, untuk tempat-tempat usaha, telah bisa dikondisikan dan bisa diatur. Namun yang manjadi masalah, adalah penerapan protokol kesehatan yang ada di dalam masyarakat.

‘’Yakni penerapan protokol kesehatan yang ada di kampung-kampung. Harus terus digalakkan. Selain itu, saya juga berharap para pelaku usaha, bisa terus patuh terhadap penerapan PPKM ini. Sehingga tak sampai terjadi sanksi penutupan paksa tempat usaha,’’ tuturnya.

Dalam penerapan PPKM ini, pihaknya tak akan melakukan rapid test seperti pada masa awal PSBB lalu. Akan tetapi, jika ada kasus baru pasien terkonfirmasi positif Covid-19, langsung dilakukan tracing, sebagai salah satu tindak lanjut. Agar penyebaran tak semakin meluas.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Moehamad Agoes Macmoedi menambahkan, setelah berjalan hampir sepekan penerapan PPKM, ternyata masih ditemukan banyak pelanggaran yang dilakukan masyarakat.

‘’Untuk jenis pelanggaran yang dilakukan salah satunya, adalah tak menerapkan protokol kesehatan. Contohnya seperti tak menggunakan masker dan tak menerapkan protokol kesehatan. Ada juga yang melakukan pelanggaran jam operasional,’’ jelasnya.

Untuk jenis penindakan yang dilakukan kepada pelanggar, katanya, mengacu pada Perda No 78 tahun 2020. Meski begitu, hingga saat ini pihaknya baru memberikan sanksi berupa peringatan tertulis saja.

‘’Pemberlakuan PPKM di Kota Batu mulai terasa dampaknya. Dapat dilihat dengan data penambahan kasus kumulatif Covid-19 di Kota Batu. Dalam dua hari terakhir (14 dan 15 Januari), tidak ada penambahan kasus Covid-19,’’ ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, juga tak ada penambahan pasien yang meninggal dunia. Sementara itu, sejak Senin (11/1) lalu, petugas gabungan terus melakukan operasi PPKM. Mereka telah menindak 48 pelanggar protokol kesehatan perorangan, 172 restoran dan warung yang melanggar jam operasional. Juga 44 minimarket yang juga melakukan pelanggaran jam operasional. (ano/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Serbuan vaksin Kodim 0833 Kota Malang terus berlanjut. Kali ini lokasi vaksinasi bertempat di Yayasan Sekolah Al Irsyad Jalan Arif Margono...

Malang Raya

Malang Post – Pada hari Sabtu tanggal 25 September 2021 pukul 08.00 wib bertempat di Klinik Shita Farma jln Joyo agung no 3 RT...

Malang Raya

Malang Post – Tim gabungan penanganan covid-19 di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang kembali menggalakkan operasi yustisi. Sabtu, 25 September 2021, hari ini, tim gabungan...

Malang Raya

Malang Post – Ketua Bhayangkari Malang Kota, Ny Enic Budi Hermanto, resmi membuka proses pembangunan Gedung Bhayangkari. Prosesi peletakan batu pertama pembangunan Kantor Bhayangkari...

Malang Raya

Malang Post – Polresta Malang Kota gelar acara tasyakuran HUT Polisi Lalu lintas ke-66, Jumat (24/9/2021) dan dihadiri seluruh perwira jajaran Satlantas Polresta Malang...

headline

Malang Post – GMNI Malang melakukan unjuk rasa menyikapi Walikota Malang Sutiaji yang diduga melanggar peraturan PPKM, Minggu 19 September 2021. Viral di medsos...

Malang Raya

Malang Post – Jumat, 24 September 2021, Babinsa di Kota Malang menyebar di sejumlah lokasi pelaksanaan vaksinasi.Pertama, vaksinasi dosis 2 ditempat ibadah yang ada...

Malang Raya

Malang Post – Dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke-76 Tahun 2021, Korem 083/Bdj beserta Kodim 0833/Kota Malang secara serentak melaksanakan Bakti sosial berupa...