Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Kompetisi AFC U-16 dan U-19 Dibatalkan

TIMNAS U-19: Pemain-pemain tim nasional saat berlatih di Spanyol. Sayangnya AFC menghentikan kompetisi AFC U-16 dan U-19. (Foto: pssi.org)

Jakarta – Komite Konfederasi Sepak Bola Asia (Asian Football Confederation – AFC), secara resmi membatalkan kompetisi AFC U-16 dan AFC U-19, yang sedianya akan diselenggarakan tahun ini.

Berdasarkan surat resmi yang diterima PSSI pada Jumat (15/1), Komite AFC membatalkan kompetisi akibat pandemi Covid-19. AFC memutuskan jadwal penyelenggaraan kompetisi baru. Baik kompetisi secara keseluruhan, termasuk sepak bola wanita, futsal dan sepak bola pantai.

Baca Juga ----------------------------

Meski belum menentukan tanggal pasti, penyelenggaraan kedua kompetisi pun akan digelar pada 2023. Dengan nama kompetisi yang baru. Yakni AFC U-20 Asian Cup 2023 dan AFC U-17 Asian Cup 2023. Dengan hak tuan rumah diberikan kepada Uzbekistan dan Bahrain. Kedua negara tersebut, merupakan tuan rumah penyelenggara pada kompetisi yang tertunda pada 2019.

Penetapan jadwal kompetisi dan format baru, juga berlaku untuk kompetisi AFC Champions League (ACL) musim 2021.

Adapun babak Pre-Eliminary akan mulai digelar di zona Asia Timur, pada 7 April 2021 dan babak Play Off zona Asia Barat, di mana penyelenggaraan babak grup akan dilaksanakan dengan format sentralisasi.

Penentuan tuan rumah akan dilakukan dalam proses bidding. Undangan untuk melakukan hal itu, akan dikirimkan secara sirkular kepada anggota/negara yang berpartisipasi pada 27 Januari 2021, setelah pembagian skema grup selesai.

Selain itu, komite kompetisi AFC juga memutuskan implementasi amandemen regulasi pergantian pemain, pada kompetisi klub AFC tahun 2020. Yakni mengizinkan tim untuk mempunyai lima pemain pengganti. Sesuai dengan sirkular yang diberikan oleh badan yang menentukan regulasi sepak bola internasional (IFAB), nomor 21 tahun pada 18 Desember 2020.

Adapun amandemen tersebut, berkaitan dengan aturan untuk menyelesaikan kompetisi domestik dan internal klub sebelum 31 Desember 2021. Serta kompetisi di level tim nasional yang harus diselesaikan sebelum 31 Juli 2022.

Implementasi amandemen ini akan berlaku untuk AFC Champions League 2021, AFC Cup 2021, AFC Asian Cup Qualifiers Final Round.

Penjadwalan kembali juga berlaku untuk kompetisi sepak bola wanita yakni, babak pertama dan kedua, AFC U-20 serta U-17 Asian Cup 2022 Qualifiers, yang sedianya digelar pada 13-21 Maret 2021 dan 3-11 April 2021 menjadi 14-22 Agustus 2021 dan 18-26 September 2021.

Kemudian, penyelenggaraan AFC Futsal Championship 2020 dan AFC Beach Soccer 2021 yang sedianya digelar di Kuwait dan Thailand resmi dibatalkan sampai pemberitahuan lebih lanjut.

‘’Kita hormati keputusan ini. PSSI akan tunduk dan patuh terhadap apapun keputusan dari AFC. Penundaan ini membuat kita punya waktu yang panjang untuk mempersiapkan Tim U-16 dan U-19,’’ kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, seperti dilansir laman pssi.org. (act/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Polres Malang menggelar pemilihan Duta Lalu Lintas 2021 di Gedung Satpas Polres Malang, Jum’at (24/9/2021). Kapolres Malang AKBP R Bagoes Wibisono bersama...

headline

Malang Post – Anggota Komisi I DPR RI dapil Malang Raya, Kresna Dewanata Phrosakh menanggapi persoalan tersebut. Menurutnya,Jika dinilai dari sisi historis Kabupaten Malang...

headline

Malang Post — Tersangka pembunuh Ratna Darumi (56) warga Jl Emprit Mas, RT 04/RW 10, Kelurahan/Kecamatan  Sukun, Kota Malang telah ditetapkan Polresta Malang Kota. Pelaku...

Malang Raya

Malang Post – Dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19kegiatan vaksinasi terus gencar dilaksanakan di wilayah Kota Malang. Terkait upaya tersebut Pemerintah Daerah melaksanakan Vaksinasi...

Malang Raya

Malang Post – Wakil Walikota Malang, Ir H Sofyan  Edy  Jarwoko, memberi apresiasi pada FKUB Kota Malang yang menggelar dialog umat beragama di Hotel Tugu...

Malang Raya

Malang Post – Guna kelancaran kegiatan Vaksinasi di wilayah Kota Makang, TNI/POLRI dan Tim Satgas Covid-19 Kota Malang melaksanakan pengamanan dan pemantauan jalannya vaksinasi...

Malang Raya

Malang Post – Dialog kerukunan diselenggarakan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kota Malang di Hotel Tugu Kota Malang, Sabtu (25/9/2021). KH Taufik Kusuma, Ketua...

Malang Raya

Malang Post – Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) meraih penghargaan Kategori Tourism & Creative Campaign Award 2021 dalam acara...