Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

BI: Kegiatan Usaha Optimistis Tumbuh Positif

Kepala Kantor Perwakilan Wilayah (KPw) Bank Indonesia (BI) Malang, Azka Subhan.(Foto : Istimewa)

Malang – Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang dilakukan Kantor Bank Indonesia (KBI) Malang mengindikasikan sikap optimistis kegiatan usaha tetap tumbuh positif pada triwulan I-2021.

Hal itu tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) prakiraan kegiatan usaha sebesar 5,98% lebih tinggi daripada SBT -1,75% (realisasi SBT triwulan IV-2020).

Baca Juga ----------------------------

“Industri pengolahan diperkirakan masih mencatat kinerja usaha positif meskipun lebih rendah dibandingkan realisasi periode sebelumnya, sebagaimana terindikasi dari SBT prakiraan sebesar 2,23%,” kata Azka Subhan A, Kepala KBI Perwakilan Malang dalam siaran persnya kemarin.


Menurut dia, responden menyampaikan pertumbuhan positif kinerja usaha terutama didorong oleh permintaan yang masih relatif baik. Hal ini juga diikuti oleh sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan & perikanan dengan SBT prakiraan sebesar 0,84%.


“Disisi lain kontraksi diperkirakan terjadi pada kegiatan usaha di sektor Perdagangan, Hotel dan Restoran (dimana SBT -1,32%). Kontraksi kegiatan usaha ini sejalan dengan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada bulan Januari 2021,” jelasnya.


Azka menyebutkan, pada triwulan IV-2020 kondisi keuangan perusahaan menunjukan perbaikan. Dimana berdasarkan kondisi likuiditasnya, Saldo Bersih (SB) likuiditas perusahaan tercatat sebesar 6,35% setelah triwulan sebelumnya terkontraksi sebesar -6,78%.


Sejalan dengan hal tersebut, kemampuan perusahaan untuk mencetak laba (rentabilitas) pada triwulan IV-2020 menunjukan perbaikan dengan SB sebesar 1,72% setelah triwulan sebelumnya terkontraksi sebesar -10,71.


“Hal ini juga diikuti perkembangan realisasi investasi pada triwulan IV-2020 menunjukan perbaikan dengan SBT sebesar 4,85% setelah periode sebelumnya tercatat terkontraksi SBT sebesar -9,66%.”


Peningkatan realisasi investasi tertinggi, menurut dia, terjadi pada sektor Perdagangan Besar dan Eceran, dan Reparasi Mobil dan Motor (SBT 5,40%) dan sektor Konstruksi (SBT 2,28%).


“Berdasarkan Prompt Manufacturing Index (PMI) – Bank Indonesia, kinerja Industri Pengolahan triwulan IV-2020 terindikasi mengalami peningkatan dengan indeks PMI-BI sebesar 30,00%, setelah periode sebelumnya tercatat PMI – BI sebesar 24,27% dan 27,27% pada triwulan yang sama tahun lalu.”


Perbaikan terjadi pada hampir seluruh komponen pembentuk PMI-BI, terutama volume produksi dengan indeks 14,22% ditopang oleh penerimaan barang input yang lebih cepat, serta jumlah tenaga kerja dengan indeks 8,97%.
PMI-BI triwulan I-2021 diprakirakan sebesar 28,36%, lebih rendah dari pada triwulan IV-2020.

“Hal ini sejalan dengan kinerja sektor Industri Pengolahan yang diperkirakan masih mencatat kinerja usaha positif meskipun lebih rendah dibandingkan realisasi periode sebelumnya.” (bbs)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post — Beredarnya video jajaran Pemkot Malang bersepeda dan diduga memaksa memasuki Pantai Kondang Merak yang tutup, viral di media sosial. Kejadian berlangsung Minggu...

Pendidikan

Malang Post — Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang memperpanjang waktu penerimaan mahasiswa baru hingga 30 September 2021 mendatang. Kabar perpanjangan waktu penerimaan mahasiswa baru ITN Malang...

Pendidikan

Malang Post — Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menyampaikan kebijakan di sektor pertanian harus memiliki sudut pandang agribisnis policy. Dinilai sangat penting, utamanya...

Malang Raya

Malang Post – Dalam upaya mendukung Pemerintah memutus mata rantai penuebaran Covid 19, Kodim 0833/Kota Malang menggelar serbuan Vaksinasi Dosis 2, bertempat di gedung...

Pendidikan

Malang Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, terus menggeber kerjasama di berbagai bidang. Kali ini UIN Malang melebarkan sayapnya melalui...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang terus berupaya agar produk lokal go Internasional. Hal ini dilakukan untuk menggenjot penjualan produk lokal. Bupati Malang Drs HM...

Kriminal

Malang Post – Pelaku curanmor terus beraksi mencari sasaran di Kota Malang. Kali ini Jumat  (17/9/2021)  pelaku beraksi di depan warung Soto Cak Son Jl ...

headline

Malang Post – Satuan Reskrim Polresta Malang Kota, Senin (20/9/2021) siang, merilis hasil penyelidikan persoalan fetis mukena yang sempat viral beberapa saat lalu.  Didatangkan...