Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Calon Guru Raih Juara Tari Nasional

MELIUK ENERGIK: Empat mahasiswi yang menampilkan tari Gelang Ro’om di ajang Apresiasi Seni dan Sastra Nasional II. (Foto: Istimewa)

Malang – Menjadi guru tingkat SD memang harus multi talenta. Tak sekedar mengajar, tapi bisa menjadi panutan muridnya mengejar prestasi. Maka perlu memiliki kemampuan non akademik.

Seperti empat mahasiswi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) ini. Menekuni seni tari sejak usia dini. Venina Aurelya Nur Divani, Tara Narendra Kirana, Tri Tungga Dewi dan Nadya Felia Faranida, menjadi juara nasional.

Baca Juga ----------------------------

Awal tahun ini, mahasiswi angkatan 2018 tersebut berkompetisi pada ajang Apresiasi Seni dan Sastra (ASTRA) II.

Venina mengungkapkan, gelaran itu adalah lomba pertama yang mereka ikuti. Proses persiapannya juga tergolong singkat. Mereka melakukan banyak riset pada beberapa jenis tari kreasi tradisional. Hingga memutuskan menampilkan Tari Gelang Ro’om. 

Menggambarkan karakter perempuan Madura yang energik dan mandiri. Gelang adalah simbol sumber semangat perempuan perantau Madura. Tekun dan pekerja keras. Ini menjadi pertimbangan bagi Venina dan kawan-kawan memilihnya.

“Tarian ini dipilih setelah kami berkumpul untuk memulai latihan perdana. Gelang Ro’om ini memiliki filosofis sangat dalam dan luhur,” jelasnya lebih lanjut.

Singkatnya waktu persiapan, tidak menjadi kendala berarti bagi mereka. Selama persiapan pun, mereka fokus pada enam indikator penilaian yang ditetapkan panitia. Mulai dari kostum, penampilan, kekompakan grup, ide garap, ekspresi, serta wiraga, wirasa, dan wirama.

“Sebenarnya kami tidak menemukan kendala yang besar. Mungkin yang menjadi kekhawatiran adalah jika ada salah satu anggota kami yang tidak bisa datang ke Malang,” imbuh Tara, salah satu anggota tim.

Mahasiswi PGSD UMM ini, terbilang lama bergelut di seni tari. Tri Dewi, salah satunya. Sudah menari sejak di tingkat Taman Kanak-Kanak (TK). Salah satu tarian yang sering ia tampilkan adalah Tari Pasuruan Gumuyu.

“Sejak belia saya memang sudah mulai suka menari. Sampai akhirnya SMA saya ikut paguyuban tari di Pasuruan,” papar Dewi.

Soal kemenangannya, mereka menyatakan berusaha menyiapkan yang terbaik sejak awal. Keinginan untuk membanggakan alamamater menjadi pemicu semangat.

“Kami selalu positiv thinking dari awal. Berniat membanggakan kampus, fakultas dan jurusan. Sehingga dari awal kami latihan, sudah menanamkan semangat. Menguatkan niat untuk berusaha sebaik mungkin agar mendapatkan juara,” terang keempat mahasiswi ini dalam panggilan video.

Tak puas dengan urutan kedua. Mereka kini mempersiapkan diri lebih matang. Untuk turun di ajang lain. Targetnya juara utama. (roz/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post — Pemerintah Indonesia melakukan upaya diplomatik berkelanjutan dengan Pemerintah Arab Saudi. Ini ikhtiar, agar jamaah Indonesia bisa umroh ke Tanah Suci. Koordinasi dilakukan menyeluruh....

News

Malang Post — Lupa matikan kompor dapat menyebabkan musibah kebakaran. Seperti terjadi Kamis (21/10/2021) siang di Jl Kemantren gang Imam Bonjol 1 RT 08/RW 03,...

Malang Raya

Malang Post — Polres Malang menggelar Pembinaan Rohani dan Mental (Binrohtal) bagi seluruh personel Polri dan ASN Polres Malang yang beragama Islam, Kamis (21/10/2021) siang...

News

Malang Post — Mobil pikap bermuatan bambu, Kamis (21/10/2021) siang terbakar. Karuan saja ini mengejutkan pemakai dan warga sekitar Jl Malangsuko, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang....

Malang Raya

Malang Post –  Memasuki musim penghujan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu, melakukan pembenahan dinding penahan volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung....

Malang Raya

Malang Post – Tim penanganan covid-19 Kota Malang kembali menghelat vaksinasi covid-19 khusus lansia, Kamis (21/10) hari ini.Sasaran vaksinasi lansia kali ini adalah warga...

Kuliner

Malang Post —  Pasar Numplek masuk Atria Hotel Malang. Masyarakat bisa melihat dan mendapatkan mulai Oktober hingga November 2021. Beragam makanan dan jajanan pasar...

Malang Raya

Malang Post –  Walikota Sutiaji meminta guru ASN meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terkait jabatan fungsional, secara lebih rinci.    “Saat ini ASN menerapkan merit...