Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Kuliner Malang Sabet Best Cultural Video University Consortium

PRESENTASI: Tim UB saat mempresentasikan videonya dalam ajang University Consortium Graduate Forum. (Foto: Istimewa)

Malang – Kuliner, budaya, tarian serta wisata Jawa Timur, khususnya Malang, sangat beragam. Aspek sosial dan budaya ini, masih terbuka untuk dikembangkan. Masih sangat menarik perhatian masyarakat internasional.

Maka mahasiswa Pascasarjana Universitas Brawijaya berani. Menjadikan tema dalam ajang kompetisi kelas internasional. Hasilnya, menyabet juara 1 ‘Best Cultural Video’ pada University Consortium Graduate Forum Pusat Regional Asia Tenggara untuk Studi Pascasarjana dan Penelitian Pertanian (SEARCA).

Baca Juga ----------------------------

Perwakilan tim UB membuat video yang mengangkat tema sosial budaya Jawa Timur. Video menggambarkan budaya dan etnik, makanan tradisional khas Jawa Timur serta tempat wisata.

Acara tahunan bagi anggota UC SEARCA ini, diikuti beberapa kampus dari berbagai negara. Seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, Taiwan, Thailand dan Jepang. Tujuannya, berbagi pengetahuan, ide penelitian dan pengalaman baru dalam platform terbuka. SEARCA berpusat di Filipina.

Seorang anggota tim pembuat video, Paramyta Nila Permanasari, kemarin menjelaskan. Pembuatan video budaya Jatim pada UCGF ini, kombinasi ide dari tim UB. Dirinya, Bosha, Yogita, Yunika dan Filoza.

Myta, panggilan Paramyta Nila Permanasari, berharap. Melalui video yang dibuat ini, bisa memperkenalkan dan mengangkat sisi dan nilai budaya Jawa Timur dalam kancah international. Sebagai daerah yang beragam dan bersatu dengan budaya daerah yang dimiliki.

“Aspek budaya yang tertuang pada video meliputi sosial masyarakat, tarian, wisata alam dan kuliner khas Jawa Timur, khususnya di kota Malang,” katanya.

Pembuatan video ini terbagi dalam beberapa subtema. Mulai dari kuliner, budaya dan tarian serta wisata di Malang dan Jawa Timur. Pembukaan awalnya, berupa perkenalan profil UB sebagai anggota UC SEARCA.

Profil tentang UB disampaikan oleh Prof Sasmito Djati selaku Executive Officer UC Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture (SEARCA). UCGF adalah acara yang mendorong lintas disiplin ilmu, mempromosikan penelitian yang lebih besar melalui kemitraan strategis di antara anggota UC, serta memperkuat hubungan di antara anggota UC.

Kampus yang menjadi anggota UC: Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Putra Malaysia, Kasetsart University, University of the Philippines Los Banos, Tokyo NODAI (Jepang) dan National Taiwan University.

UCGF 2020 diselenggarakan virtual pada tanggal 10-11 Desember 2020 oleh Universitas Gadjah Mada Yogyakarta selaku tuan rumah (Host). Tema yang diangkat adalah Resilient Food and Agricultural System for Accelerating Economic Recovery: Strategy and Implementation.

Koordinator SEARCA Universitas Brawijaya Dr Panji Deoranto STP MP mengatakan, pada kesempatan ini UB berpartisipasi mengikuti acara UCFG 2020.

Tim UB diwakili mahasiwa pascasarjana, antara lain: Paramyta Nila Permanasari (Fakultas Pertanian), Yunika Nisa Afifa (Fakultas Teknologi Pertanian), Yogita Ayu Dwi Susanti (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), Filoza Marwi (Fakultas Peternakan) dan MohammedAl-hadi Ibrahim Bosha (Fakultas Pertanian). (roz/jan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post — Kota Batu bakal menjadi sentra pembibitan jeruk purut di Indonesia. Hal ini menyusul permintaan ekspor jeruk purut yang sangat tinggi. Saat ini...

Malang Raya

Malang Post – Tim tracer Covid-19 Kota Malang menggelar tracing kasus di Jalan Kolonel Sugiono IV, Kelurahan Ciptomulyo, Sukun Kota Malang. Rabu, 20 Oktober...

headline

Malang Post — Kota Malang sudah masuk PPKM Level II, sesuai Inmendagri Nomor 53 Tahun 2021. Beberapa kampus mulai mengajukan Perkuliahan/Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Meski...

headline

Malang Post — Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Advokat Republik Indonesia (DPP PARI) menggelar silaturahmi antar advokat, Rabu (20/10/2021). Bertempat di RM Javanine, Jl Pahlawan Trip...

Pendidikan

Malang Post — Sejarah baru kembali ditorehkan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kali ini Program studi (Prodi) Agribisnis, Fakultas Pertanian dan Peternakan UMM yang mencatatkan tinta...

Pendidikan

Malang Post — Dharma Wanita Persatuan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (DWP UIN Maliki) makin giat membina sekaligus menjalin keharmonisan antar anggotanya. Meski masih dalam...

News

Malang Post — Kepanikan terjadi, Selasa (19/10/2021) malam di sebuah rumah milik Semiati warga RT 03/RW 01 Desa/Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Sebuah tabung LPG 3...

News

Malang Post — Sehari sudah, tim gabungan SAR Malang Raya mencari keberadaan Paino (56) pemancing yang terhanyut saat sungai Brantas mendadak berarus deras. Selasa (19/10/2021)...