Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Jokowi Orang Pertama Divaksin

Presiden RI, Joko Widodo (Dok. Sekretariat Presiden)

Malang – Presiden RI Joko Widodo menegaskan. Ia akan menjadi orang Indonesia pertama yang divaksin covid-19. Ini dilakukan bukan karena Jokowi mementingkan kesehatannya sendiri. Tapi ia ingin memberi rasa yakin pada rakyatnya. Bahwa vaksin itu aman dan halal.

“Saya. Sekali lagi. Akan menjadi orang pertama yang menerima vaksin covid-19. Mengapa Presiden jadi yang pertama?,” tulis Jokowi melalui akun Twitter miliknya, @ jokowi, Kamis (7/1).

Baca Juga ----------------------------

“Bukan hendak mendahulukan diri sendiri, tapi agar semua yakin bahwa vaksin ini aman dan halal,” tuturnya. Ia tak menyampaikan secara pasti, kapan vaksinasi mulai dilakukan. Ia hanya meminta masyarakat untuk bersabar. Namun demikian, dipastikan sudah tersedia dan mulai didistribusikan ke daerah.

Namun pelaksanaannya masih menunggu izin penggunaan darurat. Atau emergency use authorization dari BPOM. Serta kajian halal dari MUI. “Apabila izin sudah keluar, vaksin gratis secara bertahap, kita laksanakan,” ujarnya.

Jokowi meminta semua pihak bersiap mengikuti vaksinasi. “Jadi, siap-siap saja,” kata Kepala Negara. Sebelumnya, ia mengatakan, vaksinasi akan dimulai pekan depan atau minggu kedua Januari 2021.

“Saya ingin menyampaikan. Bahwa vaksinasi ini akan dimulai minggu depan,” kata Jokowi dalam rapat terbatas bersama para menteri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/1). Dalam rangka persiapan pelaksanaan, sejak Minggu (3/1), pemerintah mulai mendistribusikan ke daerah-daerah.

Targetnya 5,8 juta dosis vaksin terdistribusi ke daerah selama bulan Januari. Lalu menyusul 10.450.000 dosis didistribusikan Febuari. Dan 13,3 juta vaksin terdistribusi bulan Maret.

“Bulan-bulan berikutnya nanti, akan saya sampaikan pada waktu yang akan datang,” ujarnya.

Prosedur vaksinasi terhadap Presiden RI tidak beda dengan masyarakat. Ini disampaikan Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Ia menyebut, tak ada mekanisme khusus saat Presiden Jokowi divaksinasi. Sama dengan masyarakat umum.

“Kalau vaksinasi kepada Presiden sama. Tidak ada bedanya dengan yang lain karena prosedurnya sama. Mungkin petugas datang tinggal buka, jebret, selesai. ‘Kan begitu. Enggak terlau sulit,” kata Moeldoko di kantornya, Senin (4/1).

Ia mengatakan, jadwal vaksinasi Presiden disesuaikan dengan penerbitan izin edar darurat atau emergency use authorization. “Kita tunggu. Tinggal tunggu waktunya. Tunggu jadwalnya,” ujarnya.

Moeldoko memastikan, tidak sulit untuk mengatur pelaksanaan vaksinasi Presiden. Justru yang betul-betul harus dipikirkan, distribusi dan lokasi vaksinasi untuk masyarakat umum.

“Siapa berbuat apa. Bagaimana mengaturnya. Waktunya berapa lama. Cara distribusinya bagaimana, dan seterusnya, yang menjadi prioritas siapa. Semuanya sudah diberikan petunjuk oleh Presiden. Kira-kira dua bulan lalu. Sehingga semuanya sekarang sudah pada posisi menunggu kapan janjinya dilakukan,” pungkasnya. (Sry/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post — Beredar video penghadangan anggota Polri yang menjaga jalur masuk pantai di Malang Selatan. Video berdurasi 23 detik dengan penampakan rombongan diduga dari...

headline

Malang Post — Terkait viralnya video rombongan gowes yang diduga pejabat Pemkot Malang di berbagai medsos, karena masuk lokasi wisata pantai Malang Selatan, sebenarnya...

News

Malang Post – Kakek Samin (70) yang hilang di hutan Cungkup, tercatat pernah hilang dan pulang dalam kondisi sehat tahun 2020. Kali ini harapan besar...

Kesehatan

Malang Post – Kehadiran tikus rumah jelas sangat mengganggu. Tidak hanya bisa merusak barang-barang dan mengotori rumah, hama ini juga berpotensi menjadi agen penyebar...

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Ekobis

Malangpost – Kegiatan transfer uang antar bank merupakan salah satu jenis transaksi yang sering dilakukan oleh nasabah bank. Dalam kegiatan perbankan yang satu ini,...

Malang Raya

Malang Post – Hutan Kota Malabar menjadi pusat kegiatan aksi bersih-bersih yang diinisiasi jajaran Kodim 0833 dalam hal ini Koramil Klojen pemangku wilayah. Tidak...