Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Mamalia Terbesar di Amerika Selatan Ada di Batu

NYAMAN: Pengunjung Batu Secret Zoo saat mengabadikan gambar bersama Giant Otter. (Foto: Ananto/HARIAN DI’S WAY MALANG POST)

Batu – Penghujung 2020. Batu Secret Zoo Jatim Park II punya keluarga baru. Predator mamalia terbesar dari Amerika Selatan. Bernama Giant Otter. Kedatangan hewan ini, sekaligus menambah hewan koleksi yang ada di Batu Secret Zoo. 

Manajer Marketing & PR Jatim Park Grup, Titik S Ariyanto menjelaskan. Giant otter, salah satu predator mamalia terbesar dari Amerika Selatan. Jantan dewasa dapat berukuran lebih dari 2 meter dengan berat badan lebih dari 30 kg. 

Baca Juga ----------------------------

“Giant otter ini, merupakan jenis hewan yang terancam punah. Terutama di habitat aslinya. Di seluruh Amerika Selatan, karena perburuan dan perusakan habitat,” ujar Titik. 

Pihaknya sangat bangga bisa mendatangkan satwa tersebut. Apalagi kedatangan di Batu Secret Zoo bertepatan pada libur Natal dan Tahun Baru 2021. Dikatakan Titik, proses kedatangan mamalia itu, telah melalui berbagai persiapan dan negosiasi internasional yang panjang. 

“Negosiasi panjang itu, berjalan kurang lebih dua tahun. Batu Secret Zoo diberikan kepercayaan menjadi kebun binatang kedua di Asia. Berpartisipasi dalam program breeding Internasional Giant otter,” ungkapnya. 

Hal itu dikarenakan, Batu Secret Zoo merupakan anggota resmi EEP Giant Otter di EAZA (European Association of Zoo and Aquaria). European Endangered Species Programme (EEP) adalah program dari EAZA. Melindungi lebih dari 400 jenis satwa yang ada di kebun binatang Eropa.

Dengan program ini, pihaknya bisa menerima satu ekor jantan. Berasal dari River Safari Singapore. ‘Chico’ namanya. Sampai di Batu Secret Zoo, bulan Desember 2020 ini. 

“Chico lahir pada 8 Juli 2014. Chico akan mendapatkan kandang yang sangat nyaman di Batu Secret Zoo. Kandang itu telah kami siapkan. Sesuai standart internasional Giant Otter. Mengacu pada Husbandary Guidelines EEP,” katanya. 

Area kandangnya seluas 400 m2. Desainnya menyerupai habitat asli. Terdapat tepian sungai. Selain itu, memiliki akses ke kolam besar untuk bisa berenang dan memburu ikan. 

“Pembangunan enclosure Giant Otter dimulai sejak pertengahan April 2020. Selesai akhir September 2020. Sudah kita ketahui bersama. Bulan itu merupakan masa pandemi Covid-19 di Indonesia,” ujar dia. 

Hal ini membuktikan, jika pihaknya sebagai lembaga konservasi berkomitmen. Terutama dalam upaya pelestarian satwa. Pada libur Nataru ini, Batu Secret Zoo resmi membuka exhzibit satwa baru Giant Otter sebagai pelengkap liburan edukasi keluarga. (ant/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Malang Raya

Malang Post – Hutan Kota Malabar menjadi pusat kegiatan aksi bersih-bersih yang diinisiasi jajaran Kodim 0833 dalam hal ini Koramil Klojen pemangku wilayah. Tidak...

Malang Raya

Malang Post – Bank Sahabat Sampoerna (BSS) Malang bersama mitra bisnisnya, KSP Sahabat Mitra Sejati, kembali menggelontorkan ratusan paket sembako bagi masyarakat yang terdampak...

Malang Raya

Malang Post – Kodim 0833 Kota Malang melakukan berbagai upaya untuk tingkatkan imun di masa pandemi covid-19. Jumat (17/9), Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang gelar Vaksinasi Massal untuk pelajar bertajuk”Indonesia Sehat, Indonesia Hebat”. Bersinergi bersama Badan Intelijen Negara (BIN). Dihadiri Bupati Malang HM...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan Guru Taman Kanak -Kanak (IGTKI) Kecamatan Donomulyo melalui Dinas Pendidikan bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar workshop....

Pendidikan

Malang Post – Ratusan murid SMP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Kabupaten Malang menjalani vaksinasi di lingkungan sekolah. Ini untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dan menjadi...