Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Ada Murid Kelas 4 SD, Belum Bisa Baca

PERINTIS: Kampus Mengajar Perintis, program ini merupakan bagian dari Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM)

Malang – Pripta Fajri Ramadhanti melaksanakan kegiatan literasi di SDN Mangunreja, Kab Serang, Provinsi Banten. Berdasarkan hasil asesmen literasi dan numerasi siswa. Melalui  aplikasi Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) yang menunjukkan hasil di bawah rata-rata. 

“Kemampuan literasi anak-anak kebanyakan di bawah angka 60. Bahkan, ada anak kelas 4 SD yang ternyata belum bisa membaca. Jadi, selain mengimplementasikan Modul Literasi Numerasi dari Kemendikbud, saya membuat beberapa kegiatan lain seperti membuat poster menarik dan mading timbul sederhana,” jelas mahasiswa tingkat akhir Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UMM ini.

Baca Juga ----------------------------

Padahal hari Aksara Internasional, diperingati setiap 8 September. Tahun 2020, bersamaan dengan pandemi covid-19, yang belum usai.

Melalui konferensi virtual, Unesco akan memprakarsai diskusi global kolektif. Untuk menata kembali pengajaran dan pembelajaran literasi dari remaja dan orang dewasa. Pada era pasca- covid-19. Menuju pencapaian Sustainable Development Goals 4 (SDG4) atau Pembangunan Berkelanjutan 4.

Salah satu targetnya, memastikan semua pemuda mencapai literasi dan numerasi. Kemudian, orang dewasa, yang tidak memiliki keterampilan. Ini diberi kesempatan untuk mendapatkannya, demikian sebagaimana dilaporkan situs United Nations.

Dua belas mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Menuntaskan Program Kampus Mengajar Perintis (KMP).

Program ini merupakan bagian dari Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) yang digulirkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. Tujuannya, mengajak mahasiwa berpartisipasi. Serta memberikan solusi bagi sekolah-sekolah yang terdampak pandemi covid-19.

Mahasiswa  perwakilan UMM untuk program KMP ini, melaksanakan selama tiga bulan. Mereka bagian dari 2.500 mahasiswa terpilih se-Indonesia. Yang terjun langsung ke sekolah-sekolah terdampak covid-19.

Khususnya di sekitar domisili masing-masing. Kegiatan yang digagas juga berbeda-beda. Tergantung permasalahan yang dihadapi tiap sekolah berdasarkan observasi awal.

Rohmawati Mufida, misalnya. Melaksanakan program tular teknologi pada guru di SDN 52 Parupuk Tabing, Kota Padang. Hal itu dikarenakan sebagian besar guru masih kurang memahami teknologi.

“Program tular teknologi tidak hanya saya berikan kepada guru. Juga kepada siswa dan wali siswa. Karena masih banyak yang gagap teknologi. Padahal pembelajaran dilaksanakan secara daring,” terang Rohma, sapaan akrabnya.

Wakil Dekan I FKIP UMM, Dr Sudiran M.Hum menyatakan bersyukur. Karena kedua belas delegasi yang didaftarkan, lolos pada program yang didanai LPDP tersebut. Menurutnya, keterlibatan FKIP dalam KMP, bukan hanya mendukung kebijakan pemerintah.

Tetapi juga memberikan beragam manfaat bagi mahasiswa. Salah satunya adalah mengasah softskill dan hardskill mereka.

Lebih lanjut, ia berharap. Para mahasiswa bisa berperan secara optimal. Mengembangkan karir dan profesi lewat KMP ini.

“Kami juga ingin. Pengalaman-pengalaman yang mereka dapatkan selama mengikuti KMP ini, bisa diinternalisasikan dalam pengembangan karir dan profesi ke depan,” tambahnya. (roz/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post — Beredar video penghadangan anggota Polri yang menjaga jalur masuk pantai di Malang Selatan. Video berdurasi 23 detik dengan penampakan rombongan diduga dari...

headline

Malang Post — Terkait viralnya video rombongan gowes yang diduga pejabat Pemkot Malang di berbagai medsos, karena masuk lokasi wisata pantai Malang Selatan, sebenarnya...

News

Malang Post – Kakek Samin (70) yang hilang di hutan Cungkup, tercatat pernah hilang dan pulang dalam kondisi sehat tahun 2020. Kali ini harapan besar...

Kesehatan

Malang Post – Kehadiran tikus rumah jelas sangat mengganggu. Tidak hanya bisa merusak barang-barang dan mengotori rumah, hama ini juga berpotensi menjadi agen penyebar...

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Ekobis

Malangpost – Kegiatan transfer uang antar bank merupakan salah satu jenis transaksi yang sering dilakukan oleh nasabah bank. Dalam kegiatan perbankan yang satu ini,...

Malang Raya

Malang Post – Hutan Kota Malabar menjadi pusat kegiatan aksi bersih-bersih yang diinisiasi jajaran Kodim 0833 dalam hal ini Koramil Klojen pemangku wilayah. Tidak...