Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Coblosan Ulang 12 Desember

Komisioner KPU Kab Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika. (Foto: Dokumen)

Malang – PSU (Pemungutan Suara Ulang) Pilbup Malang, harus dilakukan di TPS 03, Desa Purwodadi, Kecamatan Donomulyo. Rencananya, Sabtu (12/12) besok.

Komisioner KPU Kab Malang, Marhaendra Pramudya Mahardika menjelaskan: Ini sesuai PKPU nomor 13/2020. Ada beberapa hal yang menyebabkan pemungutan suara ulang harus dilakukan. PSU ini sudah dikomunikasikan dengan Bawaslu Kab Malang.

Baca Juga ----------------------------

Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Kabupaten Malang, George da Silva membenarkan. Apabila ada dua orang, maka Bawaslu berhak memberikan rekomendasi kepada KPU untuk mengadakan PSU.

“Karena itu merupakan pelanggaran sebagaimana tercantum di PKPU No 8/2020 pasal 59 dan 60 ayat dua huruf E,” jelas George.

Dikarenakan ada dua warga yang diketahui berstatus pindahan dari Kecamatan Kepanjen. Seharusnya, jika mencoblos di TPS tersebut, syaratnya membawa form A-5.

“Jadi ada dua warga asal atau ber-KTP Kecamatan Kepanjen yang mencoblos di Donomulyo. Padahal seharusnya kalau warga pindahan harus disertai form A-5. Tapi petugas KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara) keluputan,” ujar Mahardika. 

Saat dimintai keterangan, pemilih itu tidak bisa menunjukan form A-5. Maka, diputuskan menggelar pemungutan suara ulang di TPS setempat.  “Ketika ditanya pembuktiannya, tidak bisa menunjukan A-5. Akhirnya diputuskan untuk pemungutan ulang. Untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah sekitar 250-an warga. Akan memberikan hak suaranya lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, kata Dika, untuk sisa TPS lainnya tidak ada kendala. 4998 TPS selain satu TPS yang bermasalah itu sekarang sudah mengirimkan sudah merekapitulasi dan menjalankan jalannya pemungutan suara dengan taat aturan lancar.

Pemungutan suara ulang yang dilakukan ternyata juga dapat berpotensi menurunnya tingkat kehadiran DPT pada TPS setempat. Sementara jumlah DPT di TPS tersebut ada 240 orang. 

“Semua kemungkinan ada. Semoga saja tidak terjadi penurunan signifikan. Undangan sudah disampaikan hari ini. Juga disampaikan ke warga untuk hadir. Prinsipnya, pemberitahuan untuk dilakukan PSU sudah dilakukan,” tegas Dika.

Sedangkan untuk surat suara yang sudah digunakan di TPS tersebut, saat ini masih disimpan di Kecamatan.

“Disimpan dulu jika dibutuhkan sebagai alat bukti,” ujar Dika. 

Konsekuensi pemungutan suara ulang ini, KPU Kab Malang harus menyiapkan lagi segala keperluannya. Termasuk keperluan logistik pemungutan suara. 

“Ya akhirnya harus mempersiapkan lagi. Mulai dari logistik hingga pelaksanaan pemungutan suara ulangnya. Ada alokasi khusus jika untuk PSU,” pungkasnya. (riz/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Walikota Malang, H Sutiaji didampingi Sekda Kota Malang, Erik Setyo Santoso dan Kepala Dinkes, dr Husnul Muarif, Selasa (3/8/2021) menerima kunjungan Satgas...

Nasional

Malang Post – AlfaCorp, menyiapkan gedung isolasi pasien Covid-19. Lokasinya di UBM Housing Jl Lodan Raya no. 2 Jakarta Utara. Diresmikan Selasa (3/8/2021) pagi ini....

Pendidikan

Malang Post – Berbagai inovasi terkait pencegahan sebaran pendemi Covid dilakukan. Kali datang dari tim mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Tercipta layanan uang elektronik. Diberi...

Pendidikan

Malang Post – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) menggelar yudisium dan pengucapan janji dokter muda. Diikuti 102 mahasiswa Fakultas Kedokteran...

Kriminal

Malang Post – Terkait kasus Rp 1,25 miliar. Wiwit Tuhu Prasetyanto, kuasa hukum AF alias Pipin (34) menyebutkan. Ada dua orang lain yang turut menerima...

Dahlan Iskan

TIGA jam setelah dinyatakan sebagai tersangka, Heryanti masih menghubungi Si Cantik Disway. Masih juga menegaskan uang Rp 2 triliun itu ada. “Ibu, duitnya tuh ada....

Pendidikan

Malang Post – Kolaborasi perguruan tinggi dan Pemprov Jatim penting dilakukan. Sebagai langkah penanganan Covid-19 dan percepatan vaksin. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Senin (2/8/2021)...

Pendidikan

Malang Post – Prof Dr HM Zainuddin MA melakukan press conference pertamanya sejak mendapat amanah jabatan Rektor UIN Maliki (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)...