Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Perda Minol dan Tunas Disahkan, Perumda Tunas Jadi Wadah UMKM

Rapat Paripurna secara daring, Kamis (10/12). (Joffa/DMP)

Malang – Kota Malang akhirnya memiliki Perda Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol. Disahkan DPRD Kota Malang dalam Rapat Paripurna secara daring, Kamis (10/12), bersama Perda Perumda Tugu Aneka Usaha (Tunas).

Pengesahan dilakukan Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika, bersama anggota dewan dengan dihadiri Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko, dan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Baca Juga ----------------------------

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika, menyampaikan, dari kedua Perda itu, Perumda Tunas yang paling ditunggu-tunggu masyarakat, untuk segera diterapkan. Mengingat, Perumda Tunas nanti akan mewadahi berbagai produk-produk usaha mikro, kecli, dan menengah (UMKM) lokal Kota Malang.

“Semuanya sudah jelas. Perda Minol akan mengatur soal pengendalian dan pengawasan Minol. Kita melihat Undang-Undang di atasnya. Tetapi yang lebih penting dan ditunggu-tunggu masyarakat adalah Perumda Tunas,” jelasnya.

Perumda Tunas akan memfasilitasi tujuh usaha. Diantaranya, Pertanian dan Perikanan, Industri Pengolahan (termasuk Rumah Potong Hewan), Perdagangan besar dan eceran (reparasi, perawatan mobil dan sepeda motor), Pengangkutan/pergudangan, Pengadaan listrik dan gas, Pengelolaan air limbah dan sampah, serta Real estat.

Perumda Tunas telah disiapkan penyertaan modal senilai Rp 12,5 miliar di tahun ini. Hanya saja, karena Perda baru disahkan di akhir tahun 2020, maka penyerapannya akan diikutkan dalam APBD tahun anggaran 2021.

Pembahasan dua Perda itu dinilai cukup alot karena terkendala pandemi Covid-19. Meski begitu dia berharap, dengan terbentuknya Perda Perumda Tunas ini maka akan menjadikan salah satu pioner bagi pengembangan UMKM di Kota Malang. Terlebih, di masa pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan akan tuntas.

“Bagaimana Perumda Tunas ini bisa menjadi pioner untuk pengembangan UMKM yang ada. Jangan malah menjadi pesaing atau merugikan UMKM. Kami harapkan Tunas bisa menjadi penginduk, bisa menjadi pengayom bagi UMKM yang ada di Kota Malang. Terutama di masa pemulihan pandemi Covid- 19 seperti sekarang ini,” terangnya.

Tahapan selanjutnya yakni tinggal mendaftarkan kedua Perda itu ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Dengan begitu, bisa disegerakan untuk tatanan regulasi turunannya agar bisa segera diterapkan di Kota Malang.

“Hari ini sudah kami selesaikan. Hasil evaluasi gubernur sudah kami ikuti semua. Sekarang tinggal pendaftaran di provinsi untuk mendapat nomor registrasi. Selanjutnya akan diperkuat dengan berbagai peraturan wali kota (Perwal) dan sudah bisa diterapkan di Kota Malang,” tandasnya.

Terpisah Wawali Malang Sofyan Edi Jarwoko, menyatakan, kedua perda itu akan lebih memberikan ketentuan dan kepastian hukum, terutama terkait peredaran Minol di Kota Malang. Termasuk aturan jarak dalam penempatan berdirinya usaha, hingga kadar dalam minuman itu sendiri tidak membahayakan masyarakat.

Sedang terkait Perda Perumda Tunas, akan lebih memaksimalkan potensi bagi pelaku usaha di Kota Malang.”Memberikan ruang kepada RPH untuk mengembangkan usahanya, sehingga semakin optimal. Jika itu sudah berjalan, saya kira jelas itu positif untuk kegiatan layanan masyarakat di bidang UMKM,” pungkasnya.(jof/ekn)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post- Soal kasus rombongan “Gowes”  Walikota Malang, Sutiaji dan jajaran OPD ke Pantai Kondang Merak, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang Minggu (19/9) lalu, memang sudah...

Malang Raya

Malang Post – Stiker Presiden RI Joko Widodo dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo serta tulisan ajakan memakai masker terpampang jelas di mobil dinas milik...

News

Malang Post — Kabar duka dari Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, Kamis (23/9/2021) sore. Seorang mahasiswa semester akhir, tewas akibat mengalami kecelakaan di Bululawang....

Malang Raya

Malang Post — Angin kencang, Kamis (23/9/2021) jelang petang menghempas wilayah Desa Sumbersuko, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Satu rumah rusak berat sementara 5 lebih lainnya...

News

Malang Post – Jajaran Reskrim Polsek Bululawang, menahan dua pelaku kasus narkoba. Satu pemakai dan seorang lagi pengedar. Rentang tiga jam saja, anggota meringkus dua...

News

Malang Post – Resiko adiksi narkoba Sabu Sabu (SS) bisa masuk penjara dan berurusan dengan polisi. Seperti dialami pemuda Wagir. Kamis (23/9/2021) siang tampak berada...

Malang Raya

Malang Post – Memberikan layanan prima kepada masyarakat, tetap dilakukan Bapenda Kota Malang di tengah pandemi. Melalui program Bapenda Sambang Kelurahan jilid II. Kali ini giliran Kelurahan Samaan...

News

Malang Post — Hati-hati saat berkendara di jalur rawan kecelakaan, seperti di jalur Kuncoro atau sepanjang jalur Sumberpucung. Rabu (22/9/2021) siang, seorang pengendara bermotor tewas...