Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Sampah Meluber, Harus Ada Penegakkan Perda

BIKIN PUSING: Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana BPBD Kota Batu saat mencari penyebab banjir. (Foto: Ananto/HARIAN DI’S WAY MALANG POST)

Batu – Tingginya curah hujan yang mengguyur Kota Batu belakangan ini. Mengakibatkan saluran air di Kota Batu mengalami peningkatan debit. Namun sayang, yang mengalir di saluran air itu tak hanya air saja. Namun juga didominasi oleh berbagai macam material sampah. 

Sudah pasti akan mengganggu laju air. Bahkan karena banyaknya material sampah, saluran air menjadi tak berjalan sempurna. Sehingga luapan air dan material sampah meluber hingga ke badan jalan. 

Baca Juga ----------------------------

Contohnya saja, di depan SPBU Beji Kota Batu. Sangat banyak material sampah bercampur dengan lumpur. Terbawa arus dan meluap menutup ruas jalan. Ini jelas bisa membahayakan pengguna jalan. 

Menurut pantauan Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) BPBD Kota Batu. Derasnya aliran sungai Brantas dimulai dari hulu dan menjulur hingga anak sungai. Ini sudah pasti karena tingginya curah hujan yang menyebabkan debit air meningkat. 

Koordinator TRC PB BPBD Kota Batu, Suhartono mengungkapkan, air beserta material sampah yang meluber ke jalan terjadi di beberapa titik. Diantaranya, di Jalan Raya Beji, Torongrejo, Sidomulyo, Bumiaji dan beberapa lokasi di Temas.

Luapan air itu, dikarenakan sumbatan material sampah. Ada di saluran drainase. Hingga meluap dengan membawa sampah dan lumpur. 

Selain itu juga terlihat batang kayu ambruk. Melintang di bawah jembatan wilayah Beji. Yang menyebabkan tumpukan sampah tersangkut pada batang kayu yang melintang tadi. Selain masalah itu, luapan air juga terjadi karena saluran air yang tak mencukupi kapasitasnya. 

“BPBD telah merekomendasikan ke dinas terkait. Misalnya seperti DPUPR Kota Batu perihal survey ulang saluran drainase. Serta segera dilakukan tindakan normalisasi saluran. Debit air yang meluap juga karena penampang saluran air yang sempit atau karena pendangkalan,” jelasnya. 

Sedangkan persoalan sampah yang mengakibatkan sumbatan di aliran air menjadi persoalan bersama. Masyarakat perlu memiliki kesadaran dan merubah paradigma. Agar aliran air ataupun sungai bukanlah tempat yang layak dijadikan pembuangan sampah.

Pihak BPBD telah berkali-kali turun langsung membersihkan aliran sungai dari tumpukan sampah. Namun tetap saja masyarakat tak peduli dan membuang sampah ke aliran sungai. 

Oleh sebab itu BPBD telah merekomendasikan kepada DLH Kota Batu untuk memberikan himbauan. Kalau perlu ada regulasi untuk penindakan bagian dari penegakan regulasi. 

“Sepertinya ada regulasi, tinggal penegakannya saja. Karena sekalipun saluran drainase diperlebar. Namun tumpukan sampah masih ditemui. Sudah pasti air tetap tak tertampung,” tandasnya. (ant/jan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Serbuan vaksin Kodim 0833 Kota Malang terus berlanjut. Kali ini lokasi vaksinasi bertempat di Yayasan Sekolah Al Irsyad Jalan Arif Margono...

Malang Raya

Malang Post – Pada hari Sabtu tanggal 25 September 2021 pukul 08.00 wib bertempat di Klinik Shita Farma jln Joyo agung no 3 RT...

Malang Raya

Malang Post – Tim gabungan penanganan covid-19 di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang kembali menggalakkan operasi yustisi. Sabtu, 25 September 2021, hari ini, tim gabungan...

Malang Raya

Malang Post – Ketua Bhayangkari Malang Kota, Ny Enic Budi Hermanto, resmi membuka proses pembangunan Gedung Bhayangkari. Prosesi peletakan batu pertama pembangunan Kantor Bhayangkari...

Malang Raya

Malang Post – Polresta Malang Kota gelar acara tasyakuran HUT Polisi Lalu lintas ke-66, Jumat (24/9/2021) dan dihadiri seluruh perwira jajaran Satlantas Polresta Malang...

headline

Malang Post – GMNI Malang melakukan unjuk rasa menyikapi Walikota Malang Sutiaji yang diduga melanggar peraturan PPKM, Minggu 19 September 2021. Viral di medsos...

Malang Raya

Malang Post – Jumat, 24 September 2021, Babinsa di Kota Malang menyebar di sejumlah lokasi pelaksanaan vaksinasi.Pertama, vaksinasi dosis 2 ditempat ibadah yang ada...

Malang Raya

Malang Post – Dalam rangka menyambut peringatan HUT TNI ke-76 Tahun 2021, Korem 083/Bdj beserta Kodim 0833/Kota Malang secara serentak melaksanakan Bakti sosial berupa...