Connect with us

Hi, what are you looking for?

Di's way

Survei Pilwali Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji Masih Unggul

Calon Walikota Surabaya Eri Cahyadi. (Foto IG @ericahyadi_)

Surabaya – Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbarunya bertajuk ‘Rilis Survei SMRC; Peluang Calon-calon Walikota dalam Pilkada Kota Surabaya’, secara virtual via Zoom.

Hasil survei menunjukan, jika Pemilihan Langsung Walikota dan Wakil Walikota Surabaya dilaksanakan saat survei, pasangan Eri Cahyadi-Armuji berpeluang besar memenangkan Pilkada. Persentase dukungan kepada Eri-Armuji sebanyak 48,5% dibandingkan Machfud Arifin-Mujiaman yang mendapat dukungan 37,3%. Sementara 14,2 % lainya belum menentukan dukungan atau tidak menjawab.

Direktur Riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Deni Irvani dalam presentasinya mengatakan, survei dilakukan pada 11-18 November 2020 di Kota Surabaya dengan melibatkan 820 responden yang terpilih dengan metode multistage random sampling dan diwawancara lewat tatap muka. Margin of error survei diperkirakan plus-minus 3,5%.

“Eri Cahyadi lebih banyak dipilih karena dia dinilai punya kualitas personal yang lebih positif dibanding calon lain. Dari sisi tingkat kedikenalan (awareness), Eri Cahyadi memang hampir sama dengan Machfud Arifin. Eri Cahyadi 81%, sedangkan Machfud Arifin 80%. Tapi yang jadi pembeda adalah tingkat kedisukaan, yang suka kepada Eri 71%, lebih tinggi dibandingkan Machfud 66%”, papar Deni, Minggu (22/11).

SMRC menemukan ada 54% warga yang sudah menentukan siapa paslon yang akan dipilih jauh-jauh hari. Mereka sudah menentukan pilihannya beberapa minggu bahkan beberapa bulan sebelumnya. Namun masih ada 42% warga yang menyatakan baru akan memastikan pilihannya beberapa saat sebelum Pilwali nanti. Hal tersebut menjadi catatan penting bagi para calon, khususnya yang  sementara unggul dalam survei ini.

“Dukungan warga kepada masing-masing calon masih bisa berubah. Bergantung pada seberapa efektif dan positif kerja sosialisasi yang dilakukan masing-masing calon sampai pilkada diadakan,” kata Deni.

Selain survei soal pasangan calon yang bertarung di Pilwali, SMRC juga merilis hasil penilaian warga Surabaya terhadap kinerja Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dan Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana saat ini. Tingkat kepuasan terhadap kinerja Walikota Surabaya Tri Rismaharini 97%, sangat tinggi. Sementara kepuasan terhadap kinerja Wakil Wali Kota Whisnu Sakti Buana jauh lebih rendah, yakni  56%. (dtk/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

headline

Peristiwa penemuan jasad di kebun singkong di Desa Sukowilangun Kecamatan Kalipare Kabupaten Malang sudah terungkap. Jasad tersebut adalah AP (13) yang ternyata menjadi korban...

headline

Akhirnya terjawab. Kondisi Sutiaji, Walikota Malang yang beberapa hari tak hadir dalam beberapa giat. Padahal Pak Aji, selalu hadir di tengah masyarakat. Ia selalu...

headline

Malang – Jumlah pejabat publik yang terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah. Terkait hal tersebut,  Kepala Staf  Kepresidenan Moeldoko mengingatkan para pejabat publik agar terbuka...

headline

Balai Kota Malang mulai Senin (30/11) juga diberlakukan kebijakan pembatasan sosial. Bentuknya berupa work from home (WFH) bagi para ASN. Terutama yang reaktif dan komorbid....