Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Penumpang Lion Air Melahirkan Di Pesawat.

Petugas layanan darat Lion Air bersama tim medis segera menangani penumpang yang melahirkan di pesawat. (Dok Lion Air)

Ambon – Seorang penumpang pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 797 rute Jayapura-Makassar melahirkan di dalam  pesawat pada Selasa (17/11). Penumpang tersebut diketahui bernamaAnastasia Geavani. Hal tersebut dijelaskan Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulisnya.

Penerbangan nomor JT-797 rute dari Bandar Udara Internasional Sentai, Jayapura, Papua (DJJ) tujuan Makassar melalui Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, Sulawesi Selatan (UPG), bahwa pelaksanaan operasional serta penanganan satu penumpang bernama Anastasia Geavani (memiliki tiket perjalanan Merauke – Jayapura – Makassar – Jakarta) yang melahirkan di dalam pesawat udara pada Selasa (17/ 11) sudah sesuai standar prosedur (SOP),” jelas Danang.

Pesawat Lion Air penerbangan JT-797 lepas landas dari Bandar Udara Internasional Sentani dengan jadwal keberangkatan pukul 13.35 WIT. Setelah 50 menit dari jadwal terbang, pendamping dari penumpang tersebut meminta bantuan kepada awak kabin, karena Anastasia  mengeluh sakit perut.

Pimpinan awak kabin bernama Novitalia bersama kru kabin lainnya melakukan penanganan kepada penumpang. Seorang penumpang bernama Marthina Setiawati Randabunga yang berprofesi sebagai dokter kemudian membantu proses persalinan di kursi bagian belakang. Ibu dan anak dalam keadaan sehat serta selamat. Pesawatpun kemudian mendarat di Bandara Internasional Pattimura, Ambon, Maluku, pada pukul 15.49 WIT.

“Dalam situasi seperti itu guna memberikan pelayanan terbaik, pilot Capt. Eirstanto Prabowo bersama kopilot Tanto Adi Prasetyo setelah koordinasi dengan dokter dan awak kabin memutuskan untuk pengalihan pendaratan (divert) ke bandar udara terdekat, yakni Bandar Udara Internasional Pattimura, Ambon, Maluku (AMQ). Pilot menginformasikan kepada petugas lalu lintas udara dan petugas darat, dalam penerbangan terdapat penumpang yang membutuhkan penanganan kesehatan lebih lanjut”, terang Danang.

Petugas layanan darat (ground handling) Lion Air bersama tim medis segera menangani penumpang tersebut, untuk dibawa ke rumah sakit terdekat. Lion Air penerbangan JT-797 kembali mengudara meuju  Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pada pukul 16.30 WIT, dan tiba pada 17.15 WITA. 

Lebih lanjut Danang menghimbau  setiap penumpang untuk selalu memberikan informasi secara rinci, jelas, sesuai keadaan sebenarnya kepada petugas layanan darat ketika proses pelaporan diri di counter check-in, apabila sedang hamil, sakit berat menular atau tidak menular atau memiliki kondisi khusus yang dapat membahayakan diri sendiri dan mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Lion Air Group sendiri menerapkan ketentuan bagi ibu hamil usia kehamilan di atas 28 minggu wajib menyertakan surat keterangan medis untuk ikut dalam penerbangan. Di usia kehamilan 36 minggu sudah tidak diperbolehkan terbang menggunakan pesawat terbang. (dng/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Kesehatan

Malang – Satgas Penanganan Covid-19 menegaskan, pertambahan yang cukup signifikan kasus Covid-19, yang terjadi beberapa hari terakhir, tak bisa ditolerir. Satgas menemukan, tingkat kepatuhan...

headline

Malang – Maskapai Penerbangan berbiaya rendah Lion Air membuka penerbangan berjadwal secara langsung (non-stop) dari Surabaya melalui Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo (SUB),...

Ameg

Jakarta – Ribuan orang memenuhi kawasan Bandar Udara Soekarno-Hatta Tangerang, Selasa (10/11) pagi, untuk menyambut kepulangan Habib Rizieq Shihab. Akibatnya, akses menuju bandara macet...

Nasional

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan ( Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkap adanya dugaan keterlibatan aparat dalam penembakan Pendeta Yeremia Zanambani...