Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Moreno Soeprapto Sosialisasikan Teknologi Perbanyakan Tanaman Ex-Vitro

Malang – Anggota DPR RI Komisi VII Fraksi Gerinda Moreno Soeprapto bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menggelar kegiatan Sosialisasi Teknologi Perbanyakan Tanaman Ex-Vitro dan penyerahan bantuan alat hidroponik dan ventilator bertempat di gedung DPRD Kota Malang, Jumat (6/11). Dalam kegiatan tersebut ia mengajak masyarakat agar melakukan urban farming dengan cara hidroponik.

Anggota Komisi VII DPR RI Moreno Soeprapto yanh juga mantan pebalap nasional tersebut, menyampaikan, bahwa urban farming bisa dilakukan saat menghadapi resesi ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“Teknologi hidroponik itu penting. Itu yang harus kita galakan supaya ada perputaran. Masyarakat juga harus melakukan inovasi dengan mengasah kreatifitas mereka. Seperti memanfaatkan gadget untuk bertukar pikiran dan berjualan,” ucapnya.

Melalui teknologi hidroponik masyarakat dapat menanam berbagai macam tanaman. Seperti, kubis, selada, cabai, tomat, dan sejumlah sayuran lainnya. Menurutnya, dengan hidroponik 20 persen kebutuhan rumah tangga untuk sayur-sayuran bisa terpenuhi secara mandiri.

“Sebenarnya banyak tanaman terutama sayur yang bisa kita manfaatkan. Apalagi kalau panen, bisa melebihi kebutuhan. bisa dijual kan agar ada perputaran ekonomi,” terangnya.

Pria kelahiran Malang ini menilai, bercocok tanam dengan teknologi hidroponik bisa berjalan dengan baik jika di dasari oleh hobi. Semisal dalam keseharian masyarakat suka sambal maka tanaman yang bisa ditanam adalah bahan-bahan untuk membuat sambal mulai dari tomat hingga cabai.

“Saran saya sebaiknya hobi dulu misal suka tomat dan cabai apalagi hobinya sambal. Tentu akan semakin bersemangat dalam merawat tanaman hidroponik,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Malang, Rimzah yang hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut di gedung DPRD Kota Malang. Menurutnya, sosialisasi yang diberikan saat pandemi Covid-19, sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kegiatan seperti ini cukup positif. Karena dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Semoga pemberian bantuan dari Moreno Soeprapto selaku DPR RI dengan menggandeng mitranya ini dapat memicu kegiatan yang serupa dari anggota DPR RI lainnya yang berasal dari Dapil Malang Raya,” tandasnya.(jof/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

headline

Akhirnya terjawab. Kondisi Sutiaji, Walikota Malang yang beberapa hari tak hadir dalam beberapa giat. Padahal Pak Aji, selalu hadir di tengah masyarakat. Ia selalu...

headline

Malang – Jumlah pejabat publik yang terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah. Terkait hal tersebut,  Kepala Staf  Kepresidenan Moeldoko mengingatkan para pejabat publik agar terbuka...

headline

Balai Kota Malang mulai Senin (30/11) juga diberlakukan kebijakan pembatasan sosial. Bentuknya berupa work from home (WFH) bagi para ASN. Terutama yang reaktif dan komorbid....

headline

Aktifitas Gunung Semeru, Selasa (1/12/2020) dilaporkan sedikit mereda. Meskipun begitu, dua titik pengungsian yang sudah dibangun, diupayakan untuk tetap beroperasi. Saat ini ada dua...