Connect with us

Hi, what are you looking for?

Nasional

Moreno Soeprapto Sosialisasikan Teknologi Perbanyakan Tanaman Ex-Vitro

Malang – Anggota DPR RI Komisi VII Fraksi Gerinda Moreno Soeprapto bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) menggelar kegiatan Sosialisasi Teknologi Perbanyakan Tanaman Ex-Vitro dan penyerahan bantuan alat hidroponik dan ventilator bertempat di gedung DPRD Kota Malang, Jumat (6/11). Dalam kegiatan tersebut ia mengajak masyarakat agar melakukan urban farming dengan cara hidroponik.

Anggota Komisi VII DPR RI Moreno Soeprapto yanh juga mantan pebalap nasional tersebut, menyampaikan, bahwa urban farming bisa dilakukan saat menghadapi resesi ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“Teknologi hidroponik itu penting. Itu yang harus kita galakan supaya ada perputaran. Masyarakat juga harus melakukan inovasi dengan mengasah kreatifitas mereka. Seperti memanfaatkan gadget untuk bertukar pikiran dan berjualan,” ucapnya.

Melalui teknologi hidroponik masyarakat dapat menanam berbagai macam tanaman. Seperti, kubis, selada, cabai, tomat, dan sejumlah sayuran lainnya. Menurutnya, dengan hidroponik 20 persen kebutuhan rumah tangga untuk sayur-sayuran bisa terpenuhi secara mandiri.

“Sebenarnya banyak tanaman terutama sayur yang bisa kita manfaatkan. Apalagi kalau panen, bisa melebihi kebutuhan. bisa dijual kan agar ada perputaran ekonomi,” terangnya.

Pria kelahiran Malang ini menilai, bercocok tanam dengan teknologi hidroponik bisa berjalan dengan baik jika di dasari oleh hobi. Semisal dalam keseharian masyarakat suka sambal maka tanaman yang bisa ditanam adalah bahan-bahan untuk membuat sambal mulai dari tomat hingga cabai.

“Saran saya sebaiknya hobi dulu misal suka tomat dan cabai apalagi hobinya sambal. Tentu akan semakin bersemangat dalam merawat tanaman hidroponik,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Malang, Rimzah yang hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut di gedung DPRD Kota Malang. Menurutnya, sosialisasi yang diberikan saat pandemi Covid-19, sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Kegiatan seperti ini cukup positif. Karena dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Semoga pemberian bantuan dari Moreno Soeprapto selaku DPR RI dengan menggandeng mitranya ini dapat memicu kegiatan yang serupa dari anggota DPR RI lainnya yang berasal dari Dapil Malang Raya,” tandasnya.(jof/anw)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Bisnis

Malang – Inflasi Kota Malang pada November 2020 mencapai 0,31% (month to month/mtm), sehingga inflasi tahun kalender tercatat sebesar 1,08% (year to day/ytd) dan...

Di's way

Malang – Terjadi perubahan arah pada penyediaan barang dan jasa Kota Malang. Senilai Rp 2,5 miliar atau 40% dari anggaran penyediaan barang dan jasa...

Advertorial

Malang – Di masa pandemi Covid-19 yang hingga kini belum kunjung berakhir, menjadikan berbagai sektor mengambil langkah lain,agar tetap bisa menjalankan program-program pemerintahan. Seperti...

Di's way

Melihat dan melahirkan senyuman bahagia. Itulah sisi kecil yang diupayakan komunitas motor tua ini. Komunitas mayoritas pengusaha konter Kota Malang yang tidak sekedar mengisi...