Connect with us

Hi, what are you looking for?

headline

Pilkada, Perhatikan Kesehatan dan Keselamatan.

RRI SURABAYA: Kadinkesprov Jatim dan Kepala Satpol PP Prov Jatim, saat menjadi nara sumber dalam talk show terkait Pilkada di Jawa Timur. (Istimewa)

Surabaya – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim, dr Herlin Ferliana M Kes mengatakan, dalam pelaksanaan Pilkada 2020, penyelenggara harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan selama pelaksanaan. Sebab Pilkada ini akan dilaksanakan serentak di 19 kabupaten/kota se Jawa Timur, di tengah pandemi Covid-19. Termasuk di Kabupaten Malang, yang juga akan memilih Bupati dan Wakil Bupati.

Kata dr Herlin, penerapan protokol kesehatan saat pilkada 2020, sangat perlu diperhatikan. Ada tiga protokol kesehatan yang perlu diperhatikan. Yaitu petugas, pengawas maupun pemilih, harus memakai masker, menjaga satu sama lain dengan jaga jarak satu meter dan menghindari kerumunan, serta cuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Baca Juga ----------------------------

 ‘’Seperti yang Bu Gubernur Jatim katakan, Jawa Timur ini sehat orangnya, sehat ekonominya, sehat demokrasinya. Pilkada merupakan demokrasi yang perlu dilakukan dan harus menyeimbangkan. Melakukan Pilkada dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan,’’ katanya dalam talkshow di RRI Surabaya, kemarin.

Dikatakan dr Herlin, pihaknya telah memberikan imbauan kepada masyarakat, agar Pilkada berjalan dengan baik dalam melakukan protokol kesehatan.

‘’Jawa Timur sebagai barometer politik demokrasi, dengan melaksanakan pesta demokrasi sebaik baiknya, yaitu dengan cara hadir ke TPS untuk menentukan hak pilih,’’ tambahnya.

Sedang Kepala Satpol PP Prov Jatim, Drs Budi Santosa MM mengatakan, untuk pengamanan dan pengawasan penyelenggaraan pilkada, agar bisa berjalan lancar dan aman, yakni dengan memperhatikan protokol kesehatan. Tetap melakukan patroli dan sosialisasi kepada masyarakat.

Kata Budi, TPS juga diatur dengan protokol kesehatan. Ada 130.388 petugas yang akan mengarahkan dan mengimbau jalannya Pilkada. Satu TPS maksimal 500 orang. Untuk mekanisme pencoblosan dan waktunya, akan diatur oleh KPU.

Dikatakannya, dalam menjalankan protokol kesehatan, kekuatan tubuh seseorang sangat berpengaruh. Karenanya target usia petugas dalam pilkada ini, sekitar 20 – 50 tahun.

‘’Penyelenggarakan Pilkada juga tidak boleh yang memiliki komorbid. Petugas pelaksanaan Pilkada nantinya juga akan menyiapkan masker, face shield, sarung tangan, bolpoin, serta hand sanitizer untuk pemilih,’’ katanya.

Sementara itu terkait operasi yustisi yang sudah dilakukan sejak 14 September hingga 2 November, data yang telah diterima dari Polda menyebutkan, ada sekitar 3.004.909 titik yang ditertibkan. Sanksi dengan teguran tertulis maupun lisan, sekitar 3.100. Sementara sanksi kerja sosial seperti denda, membersihkan taman atau jalan sekitar 467 pelanggar.

Sanksi administrasi yang kena denda sekitar 69 ribu, sanksi dengan sita KTP sekitar 84 ribu, sanksi dengan menutup usahanya sekitar 71 dan sanksi dengan kurungan sebanyak empat orang.rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Dalam rangka percepatan Herd Immunity, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac dosis pertama dan kedua yang ditujukan...

Pendidikan

Malang Post — SMAN 1 Sumberpucung berkomitmen mendukung pemerintah menangani pandemi Covid-19 yang belum mereda. Salah satunya melalui program vaksinasi remaja. Menggandeng Puskesmas Sumberpucung, vaksinasi dosis...

Malang Raya

Malang Post – Hutan Kota Malabar menjadi pusat kegiatan aksi bersih-bersih yang diinisiasi jajaran Kodim 0833 dalam hal ini Koramil Klojen pemangku wilayah. Tidak...

Malang Raya

Malang Post – Bank Sahabat Sampoerna (BSS) Malang bersama mitra bisnisnya, KSP Sahabat Mitra Sejati, kembali menggelontorkan ratusan paket sembako bagi masyarakat yang terdampak...

Malang Raya

Malang Post – Kodim 0833 Kota Malang melakukan berbagai upaya untuk tingkatkan imun di masa pandemi covid-19. Jumat (17/9), Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol...

Malang Raya

Malang Post – Pemkab Malang gelar Vaksinasi Massal untuk pelajar bertajuk”Indonesia Sehat, Indonesia Hebat”. Bersinergi bersama Badan Intelijen Negara (BIN). Dihadiri Bupati Malang HM...

Pendidikan

Malang Post — Ikatan Guru Taman Kanak -Kanak (IGTKI) Kecamatan Donomulyo melalui Dinas Pendidikan bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat menggelar workshop....

Pendidikan

Malang Post – Ratusan murid SMP KHA Thohir Pulungdowo Tumpang Kabupaten Malang menjalani vaksinasi di lingkungan sekolah. Ini untuk mencegah penyebaran virus covid-19 dan menjadi...