Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

9 Bulan Vakum, Siap Gelar Turnamen Khusus Jatim

MANDIRI: Ruddy Widodo dan Haruna Sumitro (tiga dari kiri) yang berinisiasi untuk menggelar turnamen khusus tim-tim asal Jawa Timur. (Aria Cakraningrat/DI’s Way Malang Post)

Malang – Hingga awal Januari 2021, kompetisi Liga 1 2020 genap sembilan bulan lebih 15 hari terhenti oleh pandemi Covid-19, yang mewabah seantero tanah air. Bahkan rencana PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), untuk melanjutkan dalam bulan Oktober dan November, juga gagal lantaran tak mendapat izin keramaian dari kepolisian. Pada akhirnya rapat Executive Committee PSSI (Exco) lewat Surat Bernomor 2284/AGB/417/X-2020, secara aklamasi memutuskan menunda kompetisi sampai dengan awal 2021.

Namun klub-klub anggota kompetisi Liga 1 dan Liga 2 asal Jawa Timur, tak kehabisan akal. Agar terus bisa memanaskan mesin timnya, sebelum kick-off kompetisi reguler benar-benar dilanjutkan kembali. Salah satu even pramusim telah digagas penyelenggraaannya, oleh salah satu anggota Exco PSSI, yang juga petinggi Madura United, Haruna Soemitro, dalam bulan Januari 2021 mendatang.

‘’Ibarat mobil, klub-klub anggota Liga 1 dan tentu Liga 2, cukup lama tidak memanaskan mesinnya. Sembilan bulan lebih vakum kompetisi. Lima bulan tim-tim tak pernah latihan bersama. Tak ada laga-laga ujicoba. Saya mencoba menginisasi atau memberikan gagasan, bagaimana kalau kita klub-klub yang ada di Jawa Timur, baik klub-klub Liga 1 maupun 2, menggelar semacam Liga Jawa Timur Piala Gubernur,’’ jelas Haruna kepada DI’s Way Malang Post Selasa (03/10).

Hanya saja turnamen itu berbeda dengan even tahunan Piala Gubernur Jatim, di bawah Asprov PSSI Jatim. Termasuk soal titel even, nantinya bisa juga menggunakan nama sponsorship. Haruna menyebut, even ini sekadar pemanasan, sembari menunggu lanjutan kick-off Liga 1 dan 2.

Ditambahkan alumni Universitas Brawijaya Malang itu, Liga Jawa Timur Piala Gubernur 2021, rencananya akan dihelat selama Januari. Sebelum lanjutan Liga 1 2020 yang diprediksi digelar pada Februari 2021.

Hanya saja mantan manajer tim Laskar Sapeh Kerrap (2016-2019) tersebut belum menentukan, dimana venus even pramusim itu akan dipusatkan. Termasuk jadwal detil pertandingannya.

Jawa Timur sendiri saat ini memiliki lima tim Liga 1 2020. Yakni Arema FC, Madura United, Persela Lamongan, Persebaya Surabaya dan Persik Kediri. Namun tak menutup kemungkinan, juga diikuti Persipura Jayapura, yang selama ini menggelar training center di Kota Batu dan akan berkandang di Stadion Surajaya Lamongan.

‘’Arema FC dengan senang hati akan berpartisipasi dalam turnamen itu. Even pramusim ini pada Januari 2021 mendatang, diikuti klub-klub Liga 1 dan Liga 2 di Jatim. Penggagasnya Pak Haruna Soemitro. Arema akan ikut, karena itulah alasan kami menggelar latihan lagi pada November nanti,’’ timpal manajer Arema FC, Ruddy Widodo.

Even pramusim ini, kata Ruddy, juga bisa menjadi test case atau percontohan. Seluruh pertandingannya digelar tanpa penonton dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seperti rencana yang akan diterapkan pada lanjutan Liga 1 2020.

‘’Setidaknya turnamen ini bisa menjadi pembuktian pada pihak yang khawatir, bahwa pertandingan tetap bisa diselenggarakan dengan protokol kesehatan,’’ demikian Ruddy Widodo. (act/rdt)

Rencana Peserta Liga Jawa Timur

1.   Madura United  (Liga 1)

2.   Arema FC (Liga 1)

3.   Persela Lamongan (Liga 1)

4.   Persebaya Surabaya (Liga 1)

5.   Persik Kediri  (Liga 1)

6.   PS Hizbul Wathan Sidoarjo (Liga 2)

7.   Putra Sinar Giri Gresik (Liga 2)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Di's way

Malang – Seluruh pasien yang meninggal dunia, akibat terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Malang, bukan murni karena coronavirus disease. Melainkan karena ada komorbid atau...

Di's way

Jakarta – Sikap Habib Rizieq Shihab, yang memilih meninggalkan RS Ummi, Bogor, Jawa Barat, atas kemauan sendiri, semakin menambah panjang daftar kontroversi dalam seminggu...

Di's way

Jakarta – Kesembuhan pasien dari Covid-19 setiap hari terus bertambah. Dari data Kementerian Kesehatan per 29 November 2020, pasien sembuh bertambah lagi sebanyak 3.810...

Di's way

Malang – Pembukaan kembali pembelajaran tatap muka, dalam masa pandemi Covid-19, harus dilakukan dengan mengutamakan pencegahan penularan. Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof...