Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Batu Untuk Indonesia dan Dunia

REKOR DUNIA: Lukisan abstrak sepanjang 3 x 19 meter dari KWB pecahkan rekor dunia (Foto: Ananto/HARIAN DI’S WAY MALANG POST)

Batu – Rekor dunia pecah di tanah dingin Kota Wisata Batu (KWB) Selasa (20/10). Pemecahan rekor dunia itu berupa lukisan abstrak sepanjang 3 x 19 meter. Rekor ini mengalahkan lukisan sebelumnya sepanjang 3 x 12 meter. 

Lukisan sepanjang 3 x 12 meter memegang rekor dunia selama lima tahun. Sejak tahun 2015. Kini dipecahkan oleh pembuatnya sendiri. Jupri Abdullah, seniman berkelas dunia yang kini tinggal di KWB.

Baca Juga ----------------------------

“Lukisan ini, merupakan lukisan yang saya pecahkan ketiga kalinya. Setelah tahun 2015 tepatnya di Solo, saya memecahkan rekor dunia dengan lukisan sepanjang 3 x 12 meter dengan lukisan abstrak terpanjang. Namun hari ini, rekor itu saya pecahkan sendiri di KWB. Dengan lukisan abstrak sepanjang 3 x 19 meter,” terang Jupri. 

Dikatakan Jupri, angka 19 ini karena saat ini bertepatan dengan hari jadi ke-19 KWB. Nantinya lukisan ini akan diarak menuju Balai Kota Among Tani. Akan ditampilkan pada acara puncak Kongres Kebudayaan Kota Batu 2020 tanggal 28 Oktober 2020 . Di Graha Pancasila Balai Kota Among Tani. 

“Lukisan ini kemungkinan juga akan dibawa dan dipamerkan di Jepang, Inggris dan Belanda,” jelasnya kepada tim Harian DI’s Way Malang Post. 

Diceritakan Jupri, lukisan ini merupakan  perwujudan dirinya setelah tinggal di KWB selama 6 bulan. Dalam waktu 6 bulan itu, ia mengelilingi KWB dengan keinginan mengenal kota apel ini lebih dalam. Dalam waktu itu, dirinya menemukan bahwa KWB adalah kota wisata berkelas dunia. Namun KWB juga harus memiliki kualitas budaya yang juga berkelas dunia. Ia juga memiliki keinginan Kota Batu bisa menjadi miniatur budaya di Indonesia. 

Baca Juga ----------------------------

“Maka dari itu saya memilih berbagai warna dalam lukisan ini. Pemilihan warna ini melambangkan kesuburan KWB. Serta spirit dari mantan Walikota, Eddy Rumpoko yang dilanjutkan ibu Dewanti. Spirit ini sangat luar biasa,” ujarnya. 

“Lukisan ini saya beri judul dan nama Batu Untuk Indonesia dan Dunia, ” imbuh dia.

Pemecahan rekor dunia ini, hasil kolaborasi Disparta Kota Batu dan Dewan Kesenian. Kepala Disparta KWB, Arif As-Sidiqi mengatakan, jika hari ini (kemarin.red) kegiatannya melukis abstrak terpanjang di dunia. Konsep besar pada pagelaran hari ini adalah melukis abstrak terpanjang sedunia yakni 19 meter dengan lebar 3 meter. 

“Ini ide kreatif para seniman lukis. Mempersembahkan kado ulang tahun ke-19 Kota Batu,” ungkapnya. 

Baca Juga ----------------------------

Dikatakan Arif, pemecahan rekor dunia itu merupakan salah satu cara bagaimana menciptakan karya yang betul-betul fenomenal. Maka dari itu pihaknya menggandeng seniman yang telah dikenal Nasional bahkan Internasional. Kebetulan saat ini, ia tinggal di KWB. Seniman itu adalah Jupri Abdullah. 

Sementara itu Walikota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan, dirinya adalah seorang yang mencintai karya seni lukis. Namun ia mengaku tak bisa melukis. 

“Ketika diajak melakukan hal seperti ini. Saya sangat excited sekali. Mudah-mudah dalam acara ini menjadi awal para seniman di KWB bisa berkiprah lagi. Bahkan kalau bisa harus berkelas dunia,” ujarnya. (ant/jan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malangpost – Harga minyak belakangan ini semakin mahal saja. Beberapa hari terakhir, harga minyak goreng bahkan lebih dari Rp 20 ribu per liter. Sesuai...

Malang Raya

Malang Post – Masyarakat pengendara bermotor roda dua musti waspadai kondisi jalan raya karena kadang berlubang akibat musim penghujan.  Gara-gara jalan berlubang, pengendara sepeda...

News

Malang Post –  Sebuah truk fuso berwana biru-hitam yang melaju dari arah Kediri menuju Kota Batu, terperosok ke dalam jurang sedalam 30 meter di...

News

Malang Post – PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengingatkan masyarakat untuk terus waspada terhadap segala bentuk penipuan dengan modus rekrutmen KAI Pasalnya, akhir-akhir ini...

Malang Raya

Malang Post – Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono memberikan penghargaan kepada 57 Anggota Polri dan 1 PHL Polres Malang yang berprestasi dalam Ungkap Kasus...

Malang Raya

Malang Post –  Upaya melacak pemicu kebakaran di Pasar Bululawang, Polsek Bululawang Polres Malang, berencana mendatangkan tim labfor Polda Jatim, Selasa (18/1/2022) siang. “Besok...

News

Malang Post –  Pemotor harus ekstra hati-hati saat melewati jalur rawan kecelakaan sepanjang Bululawang. Terutama tanjakan turunan dekat Ponpes atau SPBU. Tidak usah paksakan diri...

Malang Raya

Malangpost – Senin (17/1), vaksinasi anak sukses digelar di SDN Kebonsari 4, Sukun Kota Malang. Babinsa Kebonsari, Sertu Hardin dan Sertu Markus Baitanu, mengawal...