Connect with us

Hi, what are you looking for?

Olahraga

PSSI Gantungkan Harapan ke Polri

SINERGI: Aparat keamanan saat ikut berjaga dalam pertandingan Arema di Stadion Kanjuruhan, beberapa waktu yang lalu. Foto : Aria Cakraningrat/DI’s Way Malang Post

Malang – PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), bersama 18 klub Liga 1 2020 telah merampungkan Extraordinary Club Meeting, di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Selasa (13/10) petang lalu.

Tiga poin penting kesepakatan sudah dilahirkan. Muaranya untuk kembali melanjutkan kompetisi Liga 1 2020 pada November 2020, dalam kondisi luar biasa pandemi Covid-19.

‘’Tentu saja kami patuh pada arahan pemerintah. Termasuk dari pihak keamanan (Polri). Perlu ada ruang diskusi dan komunikasi dengan pihak kepolisian, termasuk stakeholder lain yang terkait pengawasan dan penanganan Covid-19. Yaitu BNPB Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional. Juga protokol kesehatan. Kami masih sangat percaya, negara punya solusi alternatifnya, agar Liga 1 2020 tetap berlanjut. Terlebih 18 klub bersama PSSI sepakat dilanjutkan,’’ ujar Media Officer Arema FC, Sudarmaji.

Bahkan pria asal Banyuwangi ini menyebut, jika sepak bola sekarang telah menghidupi banyak orang. Diharapkan minimal ada solusi alternatif, agar dapur para pekerja di sepak bola terus mengepul. Harapannya juga, jangan sampai jika Liga 1 2020 tak mendapat izin dari Polri, justru akan menjadi beban negara. Sementara perusahaan atau pemilik klub, sudah memiliki itikad baik untuk bisa menerima dan jalankan arahan protokol kesehatan dan sanksinya bila ada pelanggaran.

‘’Madura United sangat berharap ada izin dari kepolisian (Polri, Red.) untuk kelanjutan Liga 1 2020. Kami bisa mengerti jika kepolisian sedang fokus pada pengawasan pandemi Covid-19, pilkada serentak dan omnibus law. Karena itu kami  berharap kepolisian bisa melibatkan TNI untuk membantu pengamanan seluruh pertandingan kompetisi Liga 1 2020  dan cabang olahraga lainnya,’’ tandas Manager-coach Madura United, Rachmat Darmawan.

Kompetisi harus dihadapi, kata Rachmat. Bukan dihindari. Untuk menyampaikan bahwa aktivitas olah raga, tetap menjadi hal penting untuk terus berlangsung. Tentunya dengan mengikuti standar protokol kesehatan.

‘’Karena sekaligus untuk menyampaikan pesan, bahwa Indonesia siap menghadapi dan menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20 tahun 2021, meski masih dalam suasana pandemi,’’ katanya.

Senada juga diungkapkan dua tim lainnya yang juga berkandang di Jawa Timur. Persela Lamongan dan Persipura Jayapura.

‘’Betul 18 klub dan PSSI, serta PT LIB sepakat Liga 1 2020 dilanjutkan. Tapi masalahnya izin ada di tangan pihak Polri. Persipura Jayapura itu bagian dari warga negara  dan masyarakat sepak bola Indonesia. Tentu kami inginkan kompetisi Liga 1 2020 dilanjutkan dan kami kembali berlatih di kandang kami di Lamongan,’’ timpal Sekum Persipura, Rocky Bebena, M.Pd

Tak kurang Ketum PSSI, Komjen Pol (Pur) Mochamad Iriawan menilai, dengan adanya grafik penurunan pandemi Covid-19, maka  kompetisi bisa dijalankan lagi. Karena menjadi harapan besar dari semua kompenen sepak bola di tanha air.  

‘’Saya mohon pada pihak kepolisian, agar bisa memberikan izin pada kami sebulan ke depan. Karena Covid-19 sudah menurun. Parameternya adalah Jakarta (sudah melonggarkan PSBB) dan ini tentu jadi pertimbangan kepolisian,’’ ungkap Mochamad Iriawan. (act/rdt)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

News

Malang – Polres Malang matangkan persiapan pengamanan Pilbup 9 Desember 2020. Beberapa langkah dilakukan. Antisipasi segala kemungkinan.  Personel ditambah.  Rinciannya: 100 dari Polda Jatim,...

Di's way

Jakarta – Tim nasional Indonesia U-19, sejak 30 Agustus  menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Selain menjalani latihan, Garuda Muda juga melakukan laga persahabatan...

Nasional

Malang – Chief Executive Officer PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi Indonesia (AABBI), Ir. R. Agoes Soerjanto, akhirnya merasa gerah dan angkat bicara, terkait nasib...

Karir

Malang – Rentang waktu 22 tahun hingga Oktober  ini, bukan waktu yang singkat bagi seorang  Iwan Budianto, menggeluti dunia si kulit bundar dan lapangan...

Copyright © 2020 MalangPost