Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

Waduh! Pasokan Air di Relokasi Pasar Batu Mengkhawatirkan

Walikota Batu, Dewanti Rumpoko saat meninjau pembangunan tempat relokasi pedagang pasar besar Kota Batu. (Ananto)

Malang Post –  Kebutuhan air bersih di tempat relokasi pedagang pasar besar Kota Batu di kawasan Stadion Brantas harus benar-benar diperhatikan oleh Pemkot Batu melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Batu. 

Berdasar data yang dihimpun dari PDAM Among Tirto Kota Batu, kondisi pipa PDAM di kawasan relokasi ukurannya kecil sedangkan untuk tingkat elevansi di kawasan tersebut sangat tinggi. Sehingga dengan adanya pertambahan pelayanan kepada 3000 pedagang PDAM Among Tirto tak mampu melayani. 

Baca Juga ----------------------------

Dengan adanya masalah tersebut, Direktur Perumdam Among Tirto, Edy Sunaedi memberikan tiga opsi penyaluran air untuk pedagang. Pertama melakukan pengisian tandon di dekat relokasi, ke dua pemasangan pipa baru yang berasal dari Sumber Banyuning, lalu menggunakan alat pompa. 

“Kami rasa dalam waktu yang sangat singkat ini, opsi pengisian tandon sangat memungkinkan. Karena semuanya sudah siap. Namun hingga saat ini belum ada keputusan resmi dari Pemkot Batu. Keputusan itu harus diambil sebelum bulan November mendatang,” ujar Sokeh sapaan akrabnya, Rabu (13/10/2021). 

Sedangkan untuk dua opsi lainnya, pemenuhan air bersih di tempat relokasi pedagang pasar besar Kota Batu rencananya akan diambilkan dari Sumber Banyuning. Karena di sumber tersebut ada pipa air berukuran 8 dim yang mengalir ke anak Kali Brantas. Jika dimanfaatkan untuk pedagang, maka perlu penyambungan pipa kembali.

“Kami akan segera melakukan perhitungan untuk pelayanan di tempat relokasi pasar. Untuk melayani 3000 pedagang akan kami layani melalui penambahan debit pipa 8 dim yang belum dimanfaatkan,” ujarnya. 

Namun untuk pemenuhan opsi tersebut pihaknya membutuhkan pipa baru untuk mengalirkan air dari Sumber Banyuning ke lokasi relokasi. Pipa 8 dim yang ada saat ini berkapasitas 30 liter per detik. Kendala yang pihaknya hadapi perlu pemasangan pipa secara permanen sehingga  perlu waktu dalam pelaksanaannya.

“Ketika 8 dim itu kami suplai semuanya, ada 30 liter per detik. Kami butuh pipa baru lagi, maka solusi jangka panjang menanam pipa dari Banyuning sampai rest area Sidomulyo lalu ke tempat relokasi,” katanya.

Perumdam Among Tirto menegaskan belum mampu untuk melayani daerah Sultan Agung, di samping pipa yang kecil, elevasinya tinggi. Sebetulnya, ada saluran dari kawasan Jl Abdul Gani atas gang 4, namun ukuran pipanya hanya 1 dim.

“Saat ini, saluran itu banyak digunakan oleh niaga, kalau ditambah 3000-an orang, tidak mampu. Dari beberapa opsi, maka yang memungkinkan memanfaatkan tandon, kami isi setiap hari untuk kebutuhan air,” ujarnya. Tarif pengisian air tersebut Rp 200 ribu per tandon air yang dibawa kendaraan Perumdam Among Tirto. 

Sementara itu, Kepala Diskumdag Kota Batu, Eko Suhartono mengatakan, pihaknya akan memanfaatkan tandon air yang berada di Taman Hutan Kota Bondas. Sebelumnya pihaknya juga telah bertemu dengan pihak Perumdam Among Tirto guna melakukan pembahasan. 

“Kemungkinan kami akan menggunakan tandon tersebut. Nanti secara teknis akan diatur oleh PDAM. Namun yang terpenting airnya ada,” kata dia. 

Dia mengungkapkan, di tempat relokasi terdapat 25 kamar kecil yang membutuhkan saluran air. Saat ini, pengembang tengah melakukan proses pembangunan dan diminta rampung 25 Oktober 2021. Pembiayaan pembangunan saluran air dan listrik sudah termasuk dalam klausul kontrak.

“Kami ingin semuanya tersedia, kami juga cek ada beberapa kamar mandi, ada 25 kamar mandi. Dalam hal penyambungan listrik dan air sudah ada dalam klausul kontrak. Kami sebagai pemerintah untuk menjembatani,” tandasnya. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Puluhan warga lanjut usia (lansia) Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing Kota Malang menjalani vaksinasi. Babinsa Pandanwangi, Pelda Slamet Wahyudi mengabarkan, perangkat kelurahan...

headline

Malang Post — Besaran upah minimum kabupaten/kota (UMK) tahun 2022 di Jawa Timur sudah didok oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (30/11/2021) kemarin. Penetapan UMK...

News

Malang Post — Hujan deras Rabu (1/12/2021) pukul 14.15 WIB menyebabkan kali Sukun meluber di sekitaran SMKN 1 Malang dan wilayah RT 01/RW 06 Bandungrejosari,...

Pendidikan

Malang Post – UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) melalui Program Pasca Sarjana (PPS) bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Lekture Khasanah Keagamaan...

News

Malang Post – Warga pencari ikan di sungai Metro, semalaman sejak Selasa (30/11/2021) tidak kunjung pulang, membuat keluarganya cemas. Kuatir terjadi musibah, informasi ini...

News

Malang Post — Musibah menimpa siswi SMP, Rabu (1/12/2021) pukul 11.24 WIB di Jl Raya Ledoksari Tumpang, Kabupaten Malang. Tersenggol truk, korban yang masih berseragam sekolah...

Wisata

Malang Post — Ascent Premiere Hotel Malang terus memberikan inovasi terbaiknya. Sebelumnya menghadirkan restoran baru bernama Napa Eatery and Bar yang mengusung konsep masakan Asian...

News

Malang Post – Anggota Kodim 0833/Kota Malang sejak pagi berkumpul di lapangan tembak Yonkav 3/Andhaka Cakti. Lapangan ini terletak di Randu Agung Kecamatan Singosari...