Connect with us

Hi, what are you looking for?

Pendidikan

FPP UMM Jalin Kerjasama Pelaku Industri, Perkuat Kelas Profesional Unggas

Malang Post – Komitmen menjalankan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dijalankan Prodi Peternakan, Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Memperbanyak kerjasama dengan dunia industri. Langkah itu diambil dalam rangka memperkuat kelas profesional unggas yang telah diselenggarakan.

Baca Juga ----------------------------

Setelah menjalin kerjasama dengan PT Charoen Pokphand pada Februari 2021. FPP kembali menggaet industri melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA).

Dilakukan Sabtu (4/9/2021) lalu di Hotel Grand Surya Kediri. Adapun beberapa perusahaan terkait yaitu PT Sanbe Farma, PT Mensana, dan PT Sapta Karya Megah.

Ketiganya bersedia untuk mendukung pelaksanaan Kelas Profesional Unggas. Baik sebagai tenaga pengajar maupun penyedia tempat magang bagi mahasiswa. 

Pada kesempatan tersebut, Dr Fauzan M.Pd selaku Rektor UMM juga turut hadir mendampingi proses penandatangan.

Disampaikan Fauzan, kerja sama tersebut sangatlah penting dalam rangka mengimplementasikan slogan UMM Pasti. Yakni mendorong mahasiswa untuk lulus pasti empat tahun dan pasti mendapatkan kerja dalam waktu yang relatif singkat.

“Di samping sebagai komitmen melaksanakan MBKM, agenda ini juga dilakukan sebagai langkah strategis bagi para mahasiswa,” tegas Fauzan melanjutkan.

Sementara itu, Dr Ir David Hermawan MP IPM, selaku Dekan Fakultas Pertanian Pertanian menjelaskan. Ketiga perusahaan tersebut juga dilibatkan dalam lokakarya praktikum mahasiswa.

Hal ini bertujuan untuk merekonstruksi materi yang disesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan oleh industri.

“Harapannya output yang didapat dari praktikum nantinya bisa menjadi bekal mahasiswa sebelum mengambil kelas profesional unggas,” tuturnya.

Ketiga industri juga mengapresiasi jalinan kerja sama tersebut. Mereka berharap langkah ini bisa menghasilkan lulusan kelas profesional unggas yang siap bekerja.

Menurutnya, lebih baik memperbanyak program magang kerja daripada menambah pelatihan keterampilan yang belum tentu bisa terserap oleh dunia kerja.

Dengan merekrut lulusan keals profesional ini akan memangkas waktu dan biaya yang biasanya dialokasikan untuk karyawan baru.

Terakhir, Prof Dr Ir Wahyu Widodo MS yang didapuk sebagai penanggung jawab mengatakan. Implementasi lebih lanjut pasca kegiatan ini adalah mewujudkan kerjasama riset antara dosen dan industri.

Utamanya untuk memecahkan permasalahan yang seringkali dihadapi. Selain itu, adapula pengembangan sistem informasi yang lebih baik lagi bagi ketiga industri terkait.

“Tidak hanya tiga perusahaan ini saja, kami juga telah memiliki sembilan mitra lain yang siap bekerja sama untuk berkolaborasi,” pungkasnya menutup. (yan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post —  Aliansi Mahasiswa Kota Malang menggelar aksi di depan Gedung DPRD Kota Malang dalam rangka evaluasi kinerja dua tahun pemerintahan Joko Widodo...

Olahraga

Malang Post – Pemkot Batu melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu bakal menyiapkan ganjaran setimpal bagi atlet asal Kota Batu yang berhasil...

Malang Raya

Malang Post – Sekitar seribu orang mengikuti serbuan vaksin dosis I dan ll di Balai Kota Jalan Tugu nomor 1 Kelurahan Kidul Dalem Kecamatan...

Malang Raya

Malang Post – Sebanyak 160 orang warga Kelurahan Purwantoro, Blimbing Kota Malang mendapatkan vaksinasi covid-19. Ratusan warga tersebut menerima vaksin dosis 1 jenis Sinovac....

Malang Raya

Malang Post –  Proses pembangunan pasar besar Kota Batu bakal segera dimulai dalam waktu dekat ini. Menyusul schedule lelang kontrak pembangunan akan dilakukan 9...

Malang Raya

Malang Post –  Parkir sembarangan di bahu jalan tanpa menaruh isyarat atau tanda peringatan dapat berpotensi menyebabkan kecelakaan. Awas pula, kabur dari keterlibatan kecelakaan...

News

Malang Post –  Lahan tebu dekat SMAN 1 Ketawang Gondanglegi, Kamis (28/10/2021) siang terbakar misterius. Proses pemadaman berlangsung 2 jam lebih dan anggota Damkar...

Malang Raya

Malang Post – Sempat viral pelanggaran PPKM level 3, sebuah Kafe bernama Prestone Cafe. Lantaran menggelar acara tanpa menerapkan prokes ketat dimasa pandemi Covid-19....