Connect with us

Hi, what are you looking for?

Malang Raya

10 Ribu Buku Bakal Lengkapi Perpustakaan Baru Kota Batu

Proses rehabilitasi bakal Perpustakaan Daerah Kota Batu. (ananto)

Malang Post –  Pemkot Batu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Senin (14/6/2021) mulai merealisasikan proses rehabilitasi gedung Perpustakaan Daerah. Gedung yang dilakukan rehabilitasi itu merupakan gedung eks Dinas Ciptakan Karya, berada di Jl Kartini, Kota Batu.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu, Santi Restuningsasi mengatakan, pembangunan gedung Perpustakaan Daerah itu ditargetkan selesai dalam waktu 180 hari ke depan. Dengan menggunakan kontraktor dari PT Lawang Pitu Dalam dari Kota Malang.

Baca Juga ----------------------------

“Berdasarkan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) sekitar Rp 2,6 miliar. Kemudian setelah dilakukan lelang diterima dengan harga penawaran dari kontraktor sebesar Rp 1,9 miliar,” ujar Santi kepada malang-post.com, Senin (14/6/2021).

Kata dia, sebelum deal dengan kontraktor saat ini. Pihaknya terus berkoordinasi dengan BLP (Bagian Layanan Pengadaan) Kota Batu. Penentuan pemenang tersebut telah dilakukan pada tanggal 10 Mei 2021 lalu. Setelah itu, ada waktu sanggah selama satu minggu namun tidak ada yang melakukan penyanggahan.

“Melihat hasil situs layanan pengadaan secara elektronik (LPSE). Jumlah peserta yang mengikuti tander tersebut ada sebanyak 76 CV dan PT,” ungkap dia.

Proses rehabilitasi bakal Perpustakaan Daerah Kota Batu. (ananto)

Sementara itu, dari gedung yang telah ada saat ini, dia mengatakan 70 persen struktur bangunan akan dilakukan rehabilitasi. Hal tersebut juga sesuai dengan Detail Engineering Design (DED) yang telah dibuat sebelumnya.

“Perpustakaan itu nanti akan terdiri dari dua lantai. Dua lantai itu akan dipenuhi dengan 10 ribu koleksi buku. Selain itu juga akan sarana dan prasarana penunjang lain. Contohnya seperti ruang laktasi,” katanya.

Tak berhenti disitu, perpustakaan tersebut juga akan dilengkapi berbagai fasilitas lain. Seperti fasilitas penunjang disabilitas, lansia dan anak-anak. Selain itu, perpustakaan tersebut juga bakal dimaksimalkan penggunaannya, terutama untuk para pelajar, usia dini hingga orang dewasa sebagai pemustaka.

“Kami berharap dengan adanya perpustakaan ini dapat meningkatkan literasi di Kota Batu. Sehingga siapa saja menjadi gemar membaca,” harap dia.

Lebih lanjut, sebagai penunjang kebutuhan sarana dan prasarana dalam perpustakaan tersebut. Pada tahun 2022 mendatang berencana mengajukan usulan anggaran baru sebesar Rp 1,5 miliar.

“Hal ini menyesuaikan dengan arahan dari Perpustakaan Nasional, bahwa perpustakaan harus bisa mengakses inklusi sosial dan pemberdayaan masyarakat dengan bahan literasi,” terangnya.

Bahkan, perpustakaan milik pemerintah daerah itu diharapkan bisa mendukung kegiatan UMKM dan nguri-uri budaya. Selain itu, di lantai dua juga akan dilengkapi fasilitas tambahan seperti komputer untuk melihat katalog buku. Sehingga proses pencarian buku akan lebih mudah.

Santi mengatakan, sebelumnya Kota Batu belum memiliki Perpustakaan Daerah. Selama ini fasilitas umum layanan bacaan yang ada hanya ada di tiga lokasi dan belum berstandar atau layak dikatakan sebagai perpustakaan. Seperti Taman Bacaan Masyarakat di Hutan Kota Bondas, lalu dua perpustakaan lainnya berada di Balai Kota Among Tani.

“Ketika proyek itu nantinya selesai, keberadaanya sangat penting. Dimana perpustakaan daerah baru ini sesuai dengan gaya milenial, akan ada tambahan cafe tapi itu masih belum tahu apakah bisa atau tidak tetapi saya berharap itu ada,” tandasnya.(yan)

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

headline

Malang Post – Program Studi Doktor (S3) Ekonomi Syariah Univesitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang II pada 1 Juli...

Malang Raya

Malang Post – Zahidhan Syahrul Syofiudin (18) salah satu anak dari buruh tani serabutan. Berhasil lolos seleksi Bintara Polri tahun 2021, Kamis (22/7/2021) malam. Ini membuat bangga sekaligus mengangkat nama...

Pendidikan

Malang Post – Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) terinspirasi membuat body lotion yang mampu mencegah Covid-19. Indri Dwi...

Ekobis

Malang Post – PT Sekar Bumi Tbk, membukukan penjualan Rp 3,1 triliun tahun 2020. Naik 50 persen dari tahun sebelumnya. Keberhasilan emiten dengan kode perdagangan SKBM...

Dahlan Iskan

IA ada di dalam, tapi tidak sampai menjadi orang dalam. Itulah Sarwono Kusumaatmadja. Yang 24 Juli besok berulang tahun Ke-77. Saya baru selesai membaca...

Arema

Malang Post – Publik sepak bola nasional belum lama dikejutkan dengan dipecatnya dua pemain, yang belasan tahun menjadi ikon Persipura Jayapura. Striker Boaz Theofilius Erwin...

Arema

Malang Post – Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana, masih belum bisa bernafas lega. Jelang sebulan ke depan kick off kompetisi Liga 1 2021/2022 bakal digulirkan. Lantaran...

Malang Raya

Malang Post – Tren kasus Covid klaster keluarga di Kota Malang, masih menunjukkan kenaikan setiap harinya. Bahkan hingga meninggal dunia, saat dijemput ambulans menuju ke rumah...