Connect with us

Hi, what are you looking for?

News

Taman Hutan Bondas Tak Sesuai Konsep

OPTIMALISASI: Taman Hutan Bondas masih harus digarap lebih optimal agar sesuai dengan konsep taman olahraga. (Foto: Dokumen/HARIAN DI’S WAY MALANG POST)

Batu – Tak relevan. Penilaian terhadap taman di sepanjang Jl Sultan Agung dan Taman Hutan Kota Bondas. Disampaikan Komisi C DPRD Kota Batu. Sebagai pihak yang menaungi Dinas Lingkungan Hidup (DLH). 

Ketua Komisi C, Khamim Thohari menyatakan berdasarkan hasil pengamatan. Konsep penggarapan taman dinilai tak sesuai. Berbeda jauh dengan taman-taman di Surabaya maupun Jl Idjen Kota Malang. 

Baca Juga ----------------------------

“Sebagai salah satu kota wisata. Sangat membutuhkan perbaikan. Lebih eloknya dilakukan oleh warga Kota Batu, yang memiliki keahlian bidang pertamanan,” ujarnya kepada DI’s Way Malang Post, Rabu (20/1). 

Pengalamannya saat kunjungan kerja ke Surabaya dan Balikpapan. Taman-taman di sana banyak dikerjakan warga Kota Batu. Seharusnya taman di Kota Batu bisa lebih baik lagi. Memberdayakan warga sendiri yang ahli pertamanan. 

“Penggarapan taman ini, harus ada sinergi antar dinas. Seperti Disparta, Dinas Perumahan, dan Dinas PUPR. Sehingga taman yang sudah tergarap, tidak lagi dibongkar. Karena proyek lain,” tandasnya. 

Sujono Djonet, Anggota Komisi C menyampaikan hal serupa. Penggarapannya tak sesuai konsep. Apalagi Taman Hutan Bondas, sebagai taman untuk olahraga. Seharusnya memiliki konsep kesehatan. 

“Taman Hutan Kota Bondas digunakan sebagai tempat berolahraga. Alangkah eloknya, jauh konsepnya tak jauh dari kesehatan. Salah satunya tanaman toga,” jelasnya. 

Ia menyebut pengayaan tanaman di hutan Kota. Harapannya mampu menjadi alternatif warga atau wisatawan. Sebagai destinasi, juga edukasi tanaman toga. 

“Harapannya, menjadi daya tarik kedua setelah alun-alun. Ketika menjadi daya tarik, itu akan menguntungkan secara ekonomi juga. Nantinya bisa dibuatkan fasilitas bagi PKL,” lanjut Djonet. 

Kepala DLH Kota Batu, Aries Setiawan menanggapi baik hal itu. Pihaknya mengakomodir masukan anggota dewan. Bahkan siap menindaklanjuti secepatnya. 

“Akan kami realisasikan tahun ini. Baik taman sepanjang jalan dan taman Bondas. Jika kebutuhan anggarannya kurang, akan kami ajukan lagi ke legislatif (melalui PAK.red). Untuk pengadaan tanaman baru, kami akan minta saran ke pihak DPRD,” jelasnya. 

Untuk diketahui, jumlah taman di Kota Batu saat ini mencapai 55 taman. Termasuk Alun-alun Kota Batu. Total luasnya mencapai 267 ribu meter persegi. “Untuk  anggaran perawatan taman itu ratusan juta. Tidak sampai miliaran,” tutupnya. (ano/jan) 

Click to comment

Leave a Reply

Baca Juga

Malang Raya

Malang Post – Relawan Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun mendapatkan pelatihan penanganan covid-19, Jumat malam (26/11). Pelatihan itu terlaksana di gedung serba guna RW 07...

Pendidikan

Malang Post –  Universitas Negeri Malang melaksanakan kunjungan ke Universitas Padjadjaran Bandung dan Institut Teknologi Bandung pada 25-26 November 2021. Kunjungan tersebut bertujuan untuk...

headline

Malang Post – Kehadiran Teknologi Finansial (Fintech) di Indonesia tak dapat dipungkiri telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Terlebih saat kalangan underserved dan unbanked...

Pendidikan

Malang Post – Politeknik Negeri Malang (Polinema) kembali menyelenggarakan wisuda ke-55 secara hybrid (luring dan daring). Peserta kali ini mahasiswa Magister Terapan, Sarjana Terapan dan...

Malang Raya

Malang Post – Sasaran rasda yaitu 120 orang warga pra sejahtera Kelurahan Mulyorejo Kecamatan Sukun kota Malang. Penyerahan rasda tersebut terlaksana di e-warung Amanah...

Pendidikan

Malang Post – Peringati dies natalis yang ke 36 tahun, prodi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) gelar webinar nasional bertema Potensi Sektor Pertanian dan...

Pendidikan

Malang Post – Universitas Islam Malang kembali menjalin kerjasama kesepahaman dengan beberapa perguruan tinggi dalam negeri. Kali ini menggandeng Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI)...

Malang Raya

Malang Post – Kamis malam (25/11), tim gabungan di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang melaksanakan penegakan tersebut. Tim gabungan ini terdiri dari anggota Polsek Kedungkandang...