Temple of Emerald Buddha Simpan Kisah Ramayana


Berkunjung ke Thailand kurang lengkap rasanya apabila tak menyempatkan datang ke Wat Phra Kaew. Bangunan-bangunan seperti rumah berwarna hijau dan merah tampak lebih jelas dan megah. Tak jauh dari itu berdiri kokoh patung, stupa, dan kuil yang kebanyakan dilapisi warna emas.
Wat Phra Kaew atau dikenal juga dengan nama Temple of The Emerald Buddha ini merupakan salah satu destinasi wisata kebanggaan Thailand. Di tanah seluas 94,5 hektar terdapat lebih dari 100 bangunan yang berumur ratusan tahun, Phra Ubosot menjadi bangunan utama dan sebagai area paling suci di tempat ini.
Meskipun dikenal dengan nama Wat Phra Kaew atau Temple of Emerald Buddha, nama tempat ini secara resmi adalah Wat Phra Si Ratthana Satsadaram, yang memiliki arti kuil Buddha permata suci.
Terdapat gambar Buddha di salah satu sisi lokasinya. Berukuran tidak terlalu besar, hanya sekitar 60 cm. Meski demikian, tidak ada satu pun orang yang boleh menyentuh gambar tersebut selain raja dan petinggi kerajaan.
Ada pun hal yang perlu diperhatikan jika ingin masuk ke dalam komplek Wat Phra Kaew adalah jaga penampilan sesopan mungkin. Hindari menggunakan pakaian yang mengandung unsur kekerasan, agama, atau kematian.
Pria harus menggunakan sepatu, celana panjang, dan juga kemeja lengan panjang. Sedangkan wanita juga wajib menggunakan rok panjang dan atasan yang rapih seperti pria. Jika tidak, wisatawab harus menggunakan pakaian yang telah disediakan pihak pengelola.
Selain itu dilarang pula menggunakan topi, kacamata, atau earphone. Jangan berisik, dilarang sembarangan menyentuh atau menunjuk suatu objek yang ada dan tidak diperbolehkan mengunyah permen karet, nyamil dan merokok.
Wisatawan diperkenankan datang ke Wat Phra Kaew kecuali saat upacara berlangsung atau tradisi umat Budha lainnya yang digelar di sana. Untuk dapat menuju lokasi ini pengunjung dari Bandara Suvarnabhumi, dapat melanjutkan perjalanan menggunakan bus bernomor 1, 3, 9, 15, 25, atau 30 yang tujuannya ke The Grand Palace.
"Untuk menuju ke Wat Phra Kaew harus ke Grand Palace karena lokasinya ada di dalamnya, agar biaya perjalanan lebih murah dan mudah bisa menggunakan sepada motor dengan biaya sewa sebesar 300 bath," ujar salah satu wisatawan dari Indonesia, Miko Irfanti ini.
Sedangkan tiket masuknya ke lokasi ini sudah termasuk The Grand Palace, Tekstil Museum, dan Museum Vimanmek.
Di seluruh dinding interior kuil ini terdapat relief yang menggambarkan kisah Jataka. Juga terdapat relief orang-orang yang menghadap altar yang menggambarkan kemenangan Sang Buddha atas iblis jahat.
Terdapat juga relief yang yang sangat panjang yang menggambarkan kisah epik India, Ramayana versi Thailand. Secara total ada 178 bagian, yang dibuat pada masa pemerintahan Raja Mongkut (Rama IV 1825-1850). Dan kemudian di renovasi sehingga tetap terjaga keutuhannya sampai sekarang. (lin/oci)

Berita Lainnya :