Surganya Wisata Adventure


MALANG - Keberadaan obyek wisata Hutan Pinus Semeru (HPS) juga dikenal surganya wisata Adventure. Berbagai wahana adventure tersedia di tempat ini. Di antaranya motor trail, Jeep off-road, sepeda gunung dan ATV. Masing-masing kendaraan adventure itu memiliki sirkuit sendiri. Wisatawan yang memiliki hobi petualang dan ingin menyalurkan hasrat andrenalinenya bisa menikmati berbagai wahana adventure yang ada di tempat tersebut.
Selain itu juga ada fasilitas outbond di tempat tersebut. Masing-masing wisata adventure, memiliki komunitas yang selalu mengadakan kegiatan di tempat ini. Salah satunya Sumberputih Cycling Community yang aktif berlatih di sirkuit HPS. Untuk sirkuit off-road di tempat tersebut, berada di area lain. Tidak menyatu dengan area wisata outbond atau area wisata tematik yang ada di tempat itu.
Wisatawan pengguna fasilitas adventure, tidak boleh merusak tanaman maupun lingkungan yang ada. Tidak hanya itu, wisatawan juga dilarang membuang sampah sembarangan. Salah seorang wisatawan Budi Sulistyawan mengatakan, dirinya selalu aktif menyalurkan hobi Jeep offroadnya di tempat tersebut.
“Biasanya saya menjajal lintasan di area ini tiap hari libur. Karena jalurnya sangat menantang untuk ditaklukkan. Selain itu banyak pepohonan Pinus menjadi tantangan tersendiri,” ujarnya kepada Malang Post. Dia melanjutkan, tempat tersebut juga memiliki keindahan alam yang sangat bagus. “Setelah lelah off-road, maka bisa beristirahat sembari menikmati keindahan alam dan menghirup udara segar,” tuturnya.
Sementara itu, Kades Sumberputih Bambang Soepomo mengatakan, lintasan Jeep off-road sepanjang lima kilometer dan lintasan trail lebih dari tujuh kilometer. “Masyarakat bisa memanfaatkan lintasan off-road sebebas-bebasnya asalkan tidak merusak lingkungan,” kata dia. Menurutnya keberadaan lintasan off-road ini memang khusus digunakan bagi wisatawan penyuka adventure.
“Letaknya sirkuit tidak menyatu di tempat wisata utama. Melainkan di sisi luar, supaya tidak mengganggu wisatawan lainnya,” tandasnya. (big/lim)

Berita Lainnya :

loading...