Panorama Niagara dari Pulau Jawa


FORMASI airnya yang membentang luas, layak jika Coban Tumpak Sewu atau Coban Sewu disejajarkan dengan Air Terjun Niagara, Amerika Serikat. Air terjun ini bisa dibilang terbaik yang dimiliki pulau Jawa, bahkan Indonesia. Beberapa waktu lalu, Kru Genzi Malang Post Aldhymas Rizky Wijaya melakukan trip ke Coban Tumpak Sewu. Berikut catatannya.
Alami dan ekstrem, begitulah kesan yang didapatkan saat tracking ke Coban Tumpak Sewu. Lokasinya terletak diantara perbatasan Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Tepatnya di kampung siji, Jalan Raya Sidorenggo, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
Sumber air dari coban terbentuk dari aliran Sungai Glidih yang berada di kaki Gunung Semeru. Karena keindahannya yang masih alami dan banyak spot foto yang menarik, maka tak heran jika banyak wisatawan nasional dan internasional yang rela jauh-jauh datang kesana. Jalur trackingnya yang cukup ekstrem serta pemandangan sekitar yang masih alami membuat para wisatawan tak bosan-bosan datang kesini.
Berkunjung ke coban ini tak cukup hanya dilakukan satu kali saja. Sebab, ada dua jalur yang bisa ditempuh menuju ke sana. Yaitu dari arah Kabupaten Lumajang dan dari arah Kabupaten Malang. Pada umumnya jalur bagi wisatawan yang ingin sampai ke kaki air terjun yaitu via Lumajang. Tapi juga bisa dilalui dari Malang, lebih tepatnya ke arah Dampit.
“Bersyukur bisa sampai ke coban Sewu, tempatnya unik dan beda dari coban lain. Lain kali mau ajak teman buat nikmati indahnya,” ungkap Cornelyus Rendi Pratama, salah satu pengunjung. (dimas/oci)