Menaklukkan Puncak Abadi Para Dewa

 
PETUALANG sejati pasti menjadikan Gunung Semeru sebagai salah satu yang wajib ditaklukkan. Wisata Semeru menjadi salah satu pilihan wisata populer di Jawa Timur. Dengan puncaknya yang bernama Mahameru, tidak hanya wisatawan domestik melainkan mancanegara pun berlomba-lomba ingin menaklukkan puncak abadi para dewa, seperti dalam lirik lagu Dewa 19.
Termasuk yang dilakukan wartawan Malang Post Sisca Angelina bersama kawan-kawannya saat memilih berwisata dengan melakukan pendakian ke Gunung Semeru hingga berada di puncak tertinggi Pulau Jawa, Mahameru, belum lama ini. 
 
Gunung Diantara Dua Wilayah
Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah gunung berapi kerucut di Jawa Timur dan merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncaknya yang disebut Mahameru berada di ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). 
Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.  Diperlukan waktu sekitar empat hari untuk mendaki puncak gunung Semeru pergi-pulang. Untuk mendaki gunung dapat ditempuh lewat Kota Malang atau Lumajang. 
Dari Kota Malang bisa menaiki angkutan umum menuju Desa Tumpang. Disambung lagi dengan jeep atau truk/pickup yang banyak terdapat di belakang pasar terminal Tumpang dengan biaya per orang Rp 60 ribu hingga Rp 100 ribu Pos Ranu Pani. Jika dari arah Lumajang, dapat dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi atau naik ojek di sekitar pasar  Senduro menuju ke Pos Ranu Pani.
Gunung ini juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Taman Nasional ini terdiri dari pegunungan dan lembah seluas 50.273,3 Hektar. 
Flora yang berada di wilayah Gunung Semeru beraneka ragam jenisnya tetapi banyak didominir oleh pohon cemara, akasia, dan pinus. Sedangkan untuk tumbuhan bawah didominasi oleh Kirinyuh, alang-alang, tembelekan, harendong dan Edelwiss putih. Kemudian fauna yang menghuni gunung Semeru diantaranya adalah macan kumbang, budeng, luwak, kijang, kancil, dan lainnya. 
 
Perjalanan Menuju Puncak Mahameru
Wisatawan pendaki harus melalui 10 jalur atau pos pendakian untuk sampai ke Puncak Mahameru. Tiap  jalur memiliki karakternya masing-masing. Setiap jalur yang dilalui, karakteristik medan jalur pun berubah-ubah dan memiliki tantangannya masing-masing.
Pos jalur pendakian tersebut diantaranya mulai dari yang pertama adalah Pos Ranu Pani, Pos 2 Landengan Dowo, Pos 3 Watu Rejeng, Pos 4 Ranu Kumbolo, Pos 5 Oro-Oro Ombo, Pos 6 Cemoro Kandang, Pos 7 Jambangan, Pos 8 Kalimati, Pos 9 Arcopodo dan terakhir Puncak Mahameru. 
Jalur-jalur inilah yang dilalui penulis sebelum akhirnya sampai di Puncak Mahameru. Sedikit cerita perjalanan dari Pos 1 sampai Pos 3 dapat ditempuh 4 hingga 5 jam lamanya. Dan dapat dikatakan merupakan pos awal yang memiliki medan landai. Pos-pos ini memberikan suguhan pemdangan hutan dari Gunung Semeru.
Wisatawan pendaki dapat melihat pohon-pohon pinus tumbuh lebat di sepanjang perjalanan. Suara burung-burung pun terdengar merdu bersaut-sautan. Diantara pos 1 dan 2 sinyal telekomunikasi masih ada, akan tetapi memasuki pos ke 3 sinyal sudah hilang. Disinilah tandanya jika wisatawan pendaki sudah mulai memasuki areal jauh dari pemukiman.
 
Pos Ranu Kumbolo – Kalimati
Pos Ranu Kumbolo merupakan jalur pendakian ke 4 yang ditempuh menuju Puncak Semeru. Disini merupakan kawasan danau terbesar dan terindah yang dimiliki Gunung Semeru. Kebanyakan pendaki akan mendirikan tenda dan bermalam disini sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan.
Pasalnya disini, pendaki dapat menyuplai kembali air untuk minum karena berlimpahnya air segar disana. Banyak dari pendaki memilih untuk stay dan camping disini tanpa melanjutkan perjalanan ke jalur pendakian puncak setelahnya. 
Bagi yang memilih untuk muncak, pastinya Ranu Kumbolo akan menjadi tempat berlamam saja. Itulah yang kemudian dilakukan penulis dan melanjutkan perjalanan ke pos berikutnya menuju puncak. Pos berikutnya yang dilalui adalah Pos Oro-oro Ombo, Cemoro Kandang, Jambangan hingga Kalimati. 

Berita Terkait

Berita Lainnya :