Melihat Kilau Emas Sang Budha Tidur


Sebagai negara dengan pengikut umat agama Budha terbesar, di Negara Thailand terdapat banyak sekali kuil sebagai tempat bersembahyang dan juga dijadikan sebagai destinasi wisata religi. Kuil Budha termegah dan tertua yang dimiliki Thailand adalah kuil Wat Pho. Kuil ini merupakan sebuah kompleks tempat peribadatan umat agama Budha bagi masyarakat Thailand. Di dalamnya terdapat ikon yang membedakan antara kuil satu dengan yang lainnya berupa patung Budha maha agung yang sedang berbaring. Berikut catatan perjalanan wisatawan asal Malang Miko Irfanti kepada Malang Post.
Salah satu pemandangan yang bisa disaksikan di kuil tersebut adalah patung Budha yang sedang berbaring. Ukuran panjangnya  46 meter dan menjulang tinggi 15 meter dengan seluruh bagiannya berlapiskan lempengan emas. Kemegahan yang diciptakan ini memiliki filosofis agar semakin menguatkan kesan patung Budha yang maha agung dan suci terpancar aura cahaya keemasan dalam dirinya.
Kuil Wat Pho telah di bangun pada sekitar 200 tahun sebelum Kota Bangkok dijadikan sebagai ibukota Thailand. Di masa pemerintahan Raja Rama III (1824 - 1851), kuil Wat Pho kembali mendapat perhatian serius dengan dibangun ulang menjadi kompleks kuil terbesar dan tertua di Thailand. Luasnya mencapai 20 acre. Sebelum dikenal dengan nama Wat Phra Cetuphon dan dengan nama resmi yaitu Wat Phra hetuphon Vimolmangklararm.
Dulunya Wat Pho sendiri adalah biara utama kerajaan. Wat Pho juga dijadikan sebagai salah satu kuil terpenting di masa pemerintahan Raja Rama I. Nama Wat Pho akhirnya digunakan lantaran biara tua dari masa pemerintahan Ayutthaya dengan nama Wat Phodharam.
Kuil Wat Pho sangat mudah dijangkau. Lokasinya berada dekat antara Sanam Chai Road dan Maharat Road, samping Grand Palace. Kuil Wat Pho juga berada di dalam rangkaian kompleks lokasi deretan nama-nama wisata lainnya di Bangkok Thailand, terutama di sekitar kawasan wisata Grand Palace.

Berita Lainnya :