Keramahan Alam Negeri Atas Awan


MENJADI salah satu destinasi wishlist-nya, Demand Manager OYO Rooms Indonesia, Nova Kurniawan sampai di kawasan Dieng, Jawa Tengah. Selain merehatkan pikiran, pria yang akrab disapa Nova ini memutuskan untuk belajar budaya juga di sana.
Ketika itu, ia berangkat menggunakan jasa open trip dengan budget Rp 1,5 juta. Dengan harga tersebut, ia sudah mendapatkan fasilitas transportasi Surabaya-Wonosobo, penginapan tiga hari dua malam, 10 kali makan dan tiket Dieng Culture Festival.
"Saat itu, saya berangkat dari Malang bersama dengan seorang teman. Namun, karena open trip dari Surabaya, berangkat bareng dengan 10 orang lainnya," jelas Nova.
Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 15 jam, Nova dan rombongan sampai di kawasan Dieng. Kedatangannya disambut dengan suhu dingin khas Dieng.
"Disana hawanya dingin banget, sampai minus 3 derajat. Kalau siang, maksimal 10 derajat, itu sudah paling panas disana," papar dia.
Nova mendapatkan pelajaran budaya secara langsung, mulai dari pawai hingga kajian budaya. Uniknya, setiap malam, selalu ada pertunjukan jazz bertajuk Jazz di Atas Awan.
"Ada cerita unik, di tengah-tengah pertunjukan, semua musik hingga lampu mati semua. Bahkan, pertunjukan sempat dihentikan. Kemudian, panitia mengumumkan bahwa gensetnya beku," kata dia sambil tertawa.
Setelah menikmati alunan musik jazz, Nova kemudian kembali ke penginapan. Namun, di tengah perjalanan, ia tersesat karena terpisah dari rombongan. Kemudian, saat itu, ia melihat seorang bapak-bapak yang sedang duduk di depan rumah. Nova pun bertanya kepada bapak-bapak tersebut petunjuk ke penginapannya.
"Namun, bapak-bapak itu tidak tahu penginapan saya dimana. Saya disuruh masuk ke rumahnya untuk menghangatkan diri. Sementara, bapak tersebut keluar untuk mencari lokasi penginapan saya," ungkap Nova.

Berita Lainnya :