Halong Bay Ikon Keindahan Alam Vietnam


KALAU Indonesia punya Raja Ampat, di Vietnam ada Halong Bay. Destinasi wisata ini menjadi ikon negara. Halong Bay memiliki lebih dari 1.600 pulau besar dan beberapa pipa kecil yang membentuk gumpalan batuan kapur putih yang indah dan menakjubkan. Letak Halong Bay kurang lebih sekitar 165 KM dari Kota Hanoi dengan jarak tempuh sekitar 3 jam. Destinasi ini terletak di Teluk Tonkin, Provinsi Quang Ninh, Vietnam. Luasnya mencapai 43.400 ha dengan pemandangan batu kapur Marsya yang membentuk pilar-pilar indah membentang di sejauh mata memandang.
Salah satu Backpacker asal Kota Malang, Stevent Avo Kristanto, mengatakan, ada banyak hal yang bisa dilakukan dan dikunjungi di Halong Bay Vietnam. Salah satunya mengikuti Cruise mengelilingi Teluk Halong sambil menikmati  makan siang diatas kapal, dengan hidangan sea food khas masakan Vietnam.
"Ada juga Vịnh Hạ Long atauTeluk Ha Long yang dalam bahasa Vietnam berarti Teluk Naga yang sedang turun. Sejak tahun 1994, Teluk Halong ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO kemudian pada tahun 2012 menjadi salah satu dari 7 kejaiban dunia versi New 7 Wonders Foundation," ujar Steve, sapaan akrabnya.
Sebelum ke Halong Bay wisatawan harus menuju ke pelabuhan kapal yang besar berbentuk letter U dengan banyak kapal-kapal yang membentang diatas permukaan air. Selama perjalanan menggunakan kapal inilah wisatawan akan disuguhi pemandangan pilar bebatuan berbentuk kerucut yang unik dan luar biasa.
Salah satu kawasan wisata di Halong Bay adalah kawasan kriterion VIII, di sini pengunjung akan menjumpai menara Halong Bay yang berada di atas permukaan air laut. Kawasan menara ini merupakan salah satu yang terletak di Fengcong terkenal dengan pemandangan batuan kerucut.
Selain itu terdapat pula, danau dengan air yang tenang yang juga dikelilingi oleh beragam dolines. Dolines tersebut merupakan aset penting dari Fencong Karst yang akan muncul ketika surut dan akan tenggelam (tidak nampak) ketika air pasang.
Selain mengikuti Cruise dengan kapal yang bagus wisatawan bisa mengunjungi salah satu Goa terbesar di salah satu gugusan pulau yang ada di teluk Halong Bay. Hang Đầu Gổ (Gua Pasak Kayu) adalah gua terbesar di wilayah Ha Long, ditemukan oleh dua turis Prancis yang mengunjunginya pada akhir abad ke-19 menamainya Grotte des Merveilles. Goa ini terdapat tiga buah ruangan dan mengandung banyak stalaktit dan stalagmit yang indah.
"Kayaking atau bermain kano adalah salah satu kegiatan wajib kalo kita jalan-jalan ke Halong Bay. Di sini kita akan merasakan sensasi yang menantang masuk ke goa di pulau-pulau kapurnya," tandasnya.
Goa-goa di Halong Bay memiliki keindahan yang luar biasa indah. Untuk menuju ke sana hanya bisa dijangkau dengan menggunakan kapal super kecil berkapasitas dua hingga empat orang. Uniknya kapal ini di dayung oleh wanita asli penduduk lokal, biaya naik kapal per orang sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 350 ribu. (lin/oci)