Dikelola Mandiri Desa Bersama Masyarakat

 
KEBERADAAN Bukit Nirwana di Desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon menambah keanekaragaman obyek wisata di desa ini. Sebelumnya pemerintah desa setempat sukses mengembangkan Café Sawah hingga menjadi jujugan wisatawan. Selain itu, melalui pengembangan obyek wisata kekinian, desa ini mendapat seabrek penghargaan bergengsi.
Sama halnya dengan Café Sawah, Bukit Nirwana juga dikembangkan oleh pihak desa dikomandoi oleh Kepala Desa Udi Hartoko. Kemudian, keberadaan obyek wisata tersebut, dikelola secara mandiri oleh desa bersama masyarakat. Sehingga keberadaan Bukit Nirwana ke depannya juga menjadi pendukung pengembangan wisata di desa ini.
“Pengembangan pariwisata yang kami lakukan untuk mendukung salah satu dari tiga prioritas pembangunan dari Pemkab Malang,” ujar Kades Pujon Kidul Udi Hartoko kepada Malang Post. Menurutnya, masyarakat khususnya para pemuda antusias mengembangkan pariwisata. Hingga mereka memiliki konsep pengembangan pariwisata berbasis keindahan alam dan kekinian
“Pemikiran-pemikiran dari para pemuda desa kami, kemudian dituangkan melalui karya kreatif dengan mengembangkan pariwisata kekinian semacam ini,” terangnya. Dia tidak membatasi kreativitas untuk mengembangkan pariwisata tersebut. Selama banyak manfaatnya dan tidak melanggar peraturan maupun merusak lingkungan.
“Ke depan kami juga terus berupaya mengasah kreativitas dalam mengembangkan pariwisata,” tuturnya. Karena masyarakat di desa tersebut, kata dia, telah merasakan banyak manfaat atas pengembangan pariwisata. 
Salah satunya peningkatan perokonomian masyarakat, lantaran UMKM desa tumbuh kembang dan diminati wisatawan. “Aneka produk maupun kerajinan kreatif warga banyak dibeli oleh wisatawan. Selain itu, yang jualan makanan serta minuman juga laku dibeli pengunjung maupun wisatawan yang datang ke desa kami,” terangnya. (big/lim)

Berita Lainnya :