Berlebaran Hanya Berbusana Hitam


 
INILAH letak kesederhanaan berlebaran di Turki. Jika masyarakat Indonesia berlebaran dengan mengenakan pakaian glamour, terlebih bagi para wanita yang lebih sering mengenakan pakaian terbarunya. Berbeda dengan warga Turki yang hanya mengenakan busana bernuansa hitam.  
“Jika di Indonesia akan beramai-ramai salat Idul Fitri sekeluarga dengan mengenakan pakaian paling baru, di Turki hanya pria saja yang melaksanakan salat Idul Fitri di masjid dan seluruhnya mengenakan busana hitam,” ungkap Retno.
Salat Idul Fitri di Turki tidak dijalankan oleh para wanita. Sehingga, hanya para pria dewasa, pemuda, dan anak laki-laki saja yang pergi ke masjid. Termasuk soal pakaian, para pria hanya menggunakan pakaian yang menutup aurat saja dan memang dominan warna hitam.
“Disini, yang perempuan tidak keluar untuk salat Idul Fitri, yang salat ke masjid hanya lelaki, anak-anak juga tidak ikut. Bapak-bapak maupun para pemuda yang berangkat ke masjid tidak semua pakai baju rapi, yang terpenting aurat tertutupi, pakai oblong pun jadi,” ungkap wanita berkacamata ini.
 
Liburan Lebaran Dominan ke Pantai
Lebaran bagi masyarakat Turki tidak terlalu religius, bahkan tanpa ritual hari raya seperti yang dilakukan di Indonesia. Sehingga libur Lebaran di Turki tak sepanjang di Indonesia. Seperti liburan pada umumnya, masyarakat setempat juga memanfaatkan untuk berekreasi ke berbagai tempat wisata.
“Biasanya libur Lebaran hanya berlangsung dua hingga tiga hari saja. Tetapi kalau untuk perkuliahan, dilaksanakan rata-rata pertengahan akhir Ramadan sampai  tahun ajaran baru selanjutnya,” ungkap Retno.
Seperti liburan-liburan lainnya, masyarakat setempat rekreasi ke tempat-tempat wisata biasa sesuai musim. Tahun ini libur Lebaran berada pada musim panas, sehingga kebanyakan masyarakat berlibur ke pantai yang letaknya berada di luar kota.
“Saya sendiri tak liburan di pantai. H+2 liburan biasa bersama teman-teman rekreasi dari mall ke mall, H+3 diam di tempat tinggal dan H+4 sudah ada kegiatan kampus seperti biasa,” terangnya. (mg3/udi)

Berita Lainnya :