Komunitas Festival Kostum Kenalkan Kreativitas

MALANG - Komunitas Festival Kostum Karakter (FK2) Gondanglegi, mengadakan lomba kostum berkarakter di halaman luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen, kemarin. Lomba kostum ini diikuti oleh 40 peserta. Selain Malang Raya, peserta juga berasal dari luar kota seperti Jember dan Pasuruan. 
“Festival kostum ini, kami kerjasamakan dengan Disperindag Kabupaten Malang. Selain untuk hiburan masyarakat, juga meramaikan hari jadi ke-1258 Kabupaten Malang," ujar Huda Fathurrahman, Ketua FK2 Gondanglegi. 
Menurutnya, kegiatan festival kostum ini baru kali pertama diadakan. Ke depan akan diadakan secara berkala. Tidak hanya di Kepanjen, tetapi juga di beberapa daerah lainnya.  Tujuannya, tak lain untuk memperkenalkan kreatifitas yang ada di Kabupaten Malang. 
Selain juga untuk memberi hiburan kepada masyarakat, sekaligus mempromosikan kebudayaan serta potensi wisata yang ada di Kabupaten Malang.  Ada dua katagori festival kostum yang dilombakan. 
Katagori pertama adalah kostum dengan karakter Malangan, yang mengangkat tema Balekambang. Misalnya kostum Burung Manyar dan Pohon Andong, untuk karakter Malangan Kota Malang. 
“Dan kostum jenis Burung Cucak Hijau serta Apel Manalagi, untuk karakter Malangan Kabupaten Malang," tutur Huda, sembari menunjukkan jenis kostum Burung Cucak Hijau. “Sedangkan untuk katagori kedua, adalah kostum karakter Indonesia atau Nusantara,” pungkas dia. (agp/mar)

Berita Terkait