Artaga dan GAG Beri Bantuan PA Al Qorni


 
MALANG – Bulan Ramadan dipergunakan seseorang untuk menebar kebaikan. Tak terkecuali Komunitas Artaga dan GAG (Gumbulan Arek Gunungan) Kota Malang. Kamis (7/6), dua komunitas yang anggotanya di dominasi berusia tua ini melakukan bakti sosial, dengan memberikan bantuan ke Panti Asuhan Al Qorni, Blimbing Kota Malang.  Bantuan yang diberikan tak hanya paket sembako. Tapi dalam kegiatan ini, Artaga dan GAG juga memberikan bantuan uang, serta pakaian layak pakai. Ketua Komunitas Artaga, Gatoet Soekardi, kepada Malang Post mengatakan, jika bakti sosial ini merupakan kegiatan rutin komunitas yang dipimpinnya.
”Ini sudah tahun ketiga. Kami mengatakan kegiatan ini sebagai wujud rasa peduli kepada anak-anak yatim ataupun anak-anak yang kurang beruntung,’’ katanya.
Gatot menguraikan jika sembako dan uang tunai yang diberikan kepada anak-anak panti asuhan, merupakan hasil dari penggalangan dana dari seluruh anggota.
”Sejak jauh-jauh hari sebelumnya, kami sudah mengumumkan. Kami bersyukur, karena hampir seluruh anggota berpartisipasi,’’ kata Gatot.
Kegiatan bakti sosial dengan dikatakan Gatot tak sekadar kegiatan biasa. Karena disini, para anggota Artaga dan GAG juga melakukan buka bersama di lokasi baksi sosial. ”Kami datang pukul 16.30, acara langsung dimulai,’’ tambah Gatot. 
Dia mengatakan jika dalam acara tersebut, diawali dengan sambutan-sambutan. Dilanjutkan dengan kultum atau tausyiah. ”Pemberian bantuan dilakukan secara simbolis. Bantuan sembako dan uang yang kami berikan diterima pengasuh Panti Asuhan,’’ tambahnya.
Setelah pemberian bantuan, kegiatan dilanjutkan dengan buka bersama dan salat Maghrib berjamaah. ”Ada kepuasan tersendiri saat kami dapat berbagi kebahagiaan dengan yang lain. Dan kami berharap tahun depan bantuan yang kami berikan lebih banyak lagi.
Disinggung motivasi memberikan bantuan? Gatot mengatakan kalau dua komunitas ini diisi oleh anak-anak asli Kota Malang atau hidup di Kota Malang sejak kecil. Hampir seluruhnya telah purna tugas.
”Nah kegiatan ini merupakan wujud balas budi  kami pernah hidup di Kota Malang dalam waktu yang sangat lama,’’ tambahnya. 
Gatot juga mengatakan, kegiatan bakti sosial ini akan digelar dua kali. Kemarin dan hari ini. ”Besok (hari ini) akan ada lagi. Tapi saya tidak ingat nama panti asuhannya. Saya berharap seluruhnya lancar, dan tidak ada kendala apapun,’’ tuturnya. (ira/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :