Mitos Mata Kedutan


Kata orang, kalau mata kiri kedutan artinya akan dapat rezeki nomplok, atau bahkan ada yang seseorang yang merindukan Anda. Ada yang mengatakan, jika mata kanan bawah yang berkedut, tandanya Anda akan menangis. Benarkah?
Ternyata, hal diatas hanyalah mitos. Mata kedutan bisa dibuktikan secara medis. Dr Sri Dr. dr. Sri Andarini, M.Kes mermaparkan, kedutan (myokymia) adalah gerakan berkedip atau kejang pada saraf kelopak mata atas atau bawah yang berulang dan tidak terkendali, tetapi hanya mempengaruhi satu mata di satu waktu.
Sri mengatakan, mata  kedutan biasanya tidak akan menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya, tapi bisa jadi sangat mengganggu jika kedutan yang dialami ternyata cukup kuat hingga menyebabkan kelopak mata sampai benar-benar menutup dan membuka kembali. “Harus tetap diwaspadai jika mata kedutan sampai mengganggu kelopak mata,” katanya.
Umumnya,  kedutan diakibatkan beberapa hal, yakni kecapekan, stress, konsumsi kafein, konsumsi alcohol, sensitivitas terhadap cahaya (pencahayaan terlalu terang atau terlalu buruk), iritasi mata atau pada bagian dalam kelopak, merokok, kena angin, alergi dan kurang asupan nutrisi.
Selain itu, Sri mengungkapkan, mata berkedut juga bisa menjadi efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu, terutama obat-obatan epilepsi dan psikosis. Namun, jika Anda hanya mengalami mata kedutan di satu sisi, tanpa adanya gejala lain yang mengikuti, tidak usah khawatir.
Mata kedutan akan hilang sendiri dalam waktu singkat, namun bisa kambuh dalam beberapa jam, hari, atau di lain waktu. Kabar baiknya, kedutan adalah kondisi yang umum terjadi dan bukan merupakan gejala dari suatu penyakit serius,” pungkas dia (sin/jon)