Lagu Kebangsaan Bahasa Mandarin


MALANG - Sebuah akun Facebook belum lama ini mengunggah sejumlah gambar tangkapan layar sebuah lagu berbahasa mandarin, yang sengaja dibuat sebagai lagu kebangsaan Indonesia yang baru. "Terima kasih sudah dibuatkan lagu kebangsaan baru," kata caption dalam unggahan akun Fina Hidayat.
Beberapa jam setelah diunggah, konten tersebut viral. Mendapat 500 an reaksi, 600 an komentar dari nerizen di Facebook dan juga dibagikan setidaknya sebanyak 4.000 kali. Namun ketika Malang Post mengkroscek akun facebook Fina Hidayat pada Rabu (3/7), tampaknya unggahan tersebut telah dihapus.
Pada gambar tangkapan layar yang sudah beredar di facebook, akun Fina Hidayat mengunggah video lagu Jayalah Indonesia berbahasa mandarin yang berdurasi 2.20 menit. Kemudian ditambah dengan uanggahan gambar sejumlah orang etnis China berlatar peta Indonesia.
Namun tak seberapa lama setelah akun Fina Hidayat mengunggah video tersebut, akun Facebook Muhammaday Naylu Wiqoyatillah mengunggah status bahwa unggahan dari Fina Hidayat adalah hoax.
"Lagu tersebut bukan lagu kebangsaan baru seperti framing jahat yang dilakukan oleh akun Fani Hidayat," kata akun Muhammad Naylu Wiqoyatillah.
Lebih lanjut, akun Muhammad Naylu Wiqoyatillah meluruskan bahwa video lagu berbahasa Mandarin tersebut merupakan lagu paduan suara Che Bin Sai asal Kota Pekalongan pada tahun 2012. Pembuatannya sendiri ditujukan untuk mengikuti lomba peringatan hari sumpah pemuda. Video tersebut telah diunggah sejak 29 September 2012 lalu.
Video yang diunggah di Youtube oleh akun channel 'pashaiful channel' enam tahun lalu tersebut, beberapa hari belakangan kembali ramai dikunjungi oleh para netizen. Lagu Jayalah Indonesiaku kemudian diketahui merupakan lagu produksi dari PT Gema Nada Pertiwi, sebagai lagu kebangsaan yang telah diluncurkan sejak 18 Agustus 2010.(mg3/lim)

Berita Lainnya :