Imunisasi MR Tak Sebabkan Penyakit Kulit

 
Seorang pengguna Facebook dengan akun bernama Enda Marnis belum lama ini membagikan postingan foto seorang anak perempuan mengalami penyakit kulit yang cukup mengerikan. Meskipun foto ditutupi dengan gambar emoji, nampak balita itu mengalami penyakit kulit yang cukup parah di bagian kening.
Berdasarkan keterangan orang tua sang anak dari akun tersebut, penyakit kulit itu muncul setelah anak perempuan itu suntik rubela. Bunyi postingan, “Anak uniku..kamis siang suntik rubela di sekolah, sorenya sakit kepala sebelah kanan. Sekarang selasa 07082018 begini keadaannya.kls 6 SD.belum tau penyebab”. Postingan itu telah dikomentari dan dibagikan pengguna Facebook lain.
Dihimpun dari postingan lain, dr. Ressy selaku dokter yang menangani pasien tersebut membantahnya. Menurut dia, tidak benar jika penyakit kulit yang muncul merupakan dampak dari imunisasi MR (Measles dan Rubela). Melainkan penyakit itu disebabkan oleh virus Herpes Zooster yang kebetulan muncul di saat yang bersamaan saat pasien melakukan imunisasi. 
Sementara itu, Ka. Instalasi PKRS RS Jiwa Dr. Radjiman Widiodiningrat Lawang, Ayu Bulan Febry menjelaskan herpes disebabkan oleh virus varicella zoster. “Apabila seseorang telah pernah terkena cacar air maka virus ini akan menetap dalam kondisi dorman (tidak aktif) pada satu atau lebih pusat saraf,” terangnya.
Ia menjelaskan, saat mengalami penurunan imunitas itulah maka virus bisa aktif kembali menyebar melalui saraf tepi ke kulit. Sehingga menimbulkan penyakit herpes zoster yaitu bintil-bintil kecil merah, menggembung berisi cairan pada sekitar kulit yang dilalui virus tersebut. (tia/van)

Berita Lainnya :