HOAX Visa Turis Israel


Belum lama ini beredar kabar bahwa Indonesia mengeluarkan Visa bagi turis berasal dari Israel. Sebagaimana yang diberitakan situs berita Israel, Haaretz. Disebutkan bahwa Israel boleh mengajukan visa mulai 1 Mei tahun ini.
Informasi ini berbunyi: “Karena ketiadaan hubungan diplomatik, Israel hanya dapat mengajukan visa melalui Israel Agency yang dibentuk bulan lalu dengan biaya $135. Dokumen berlaku selama 30 hari dan perpanjangan akan dikenakan biaya $35 per hari” tulis Haaretz.
Nyatanya informasi ini tidak benar. Hal ini dikonfirmasi sendiri oleh Kementrian Luar Negeri dan Direktur Jenderal Imigrasi melalui situs resmi dan akun resmi di media sosial masing-masing. Dalam penjelasan Dirjen Imigrasi disebutkan berita ini hoax.
Tertulis, tidak ada visa turis untuk Israel. Disebutkan juga pemerintah Indonesia tidak memiliki kebijakan pemberian visa wisata kepada warga negara Israel.
“Pemberian visa kepada warga negara asing yang tidak memiliki hubungan diplomatik diberikan dengan mekanisme Calling Visa melalui kementrian luar negeri yang beranggotakan beberapa instansi terkait termasuk Ditjen Imigrasi” tulis rilis resmi Ditjen Imigrasi (ica/jon)