Hoax Radiasi Ponsel Ketika Bulan Purnama

 
BEBERAPA waktu lalu sempat beredar bahwa ketika malam bulan purnama akan terjadi radiasi paling tinggi yang berbahaya bagi manusia. Dalam pesan tersebut dipaparkan untuk memastikan hanphone dalam kondisi off dan dijauhkan dari badan. 
Lebih lanjut dalam pesan tersebut juga dijelaskan bahwa pancaran cahaya cosmic akan melintasi dedat dengan bumi. Bahkan dalam pesan terswbut juga menghimbau untuk membagikan kepada semua orang lantaran media luar negeri juga telah mengumumkan berita tersebut. 
Deputi Bidang Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Muhamad Sadly mengatakan banyak hoax yang viral terkait dengan fenomena gerhana bulan total, termasuk mengenai radiasi. 
"Masyarakat jangan mudah mempercayai pesan-pesan berantai yang dikirimkan melalui aplikasi perpesanan instan begitu saja, apalagi bila tidak disertai sumber yang jelas," ujar Sadly dilansir dari Metro.tempo.co. 
Ia melanjutkan, masyarakat sebaiknya mempercayai informasi yang disampaikan lembaga-lembaga resmi pemerintah, termasuk BMKG, yang disalurkan melalui berbagai saluran. "Misalnya aplikasi 'Info BMKG' yang dapat diunduh dan dipasang di ponsel," tuturnya. 
Radiasi tinggi yang dikaitkan dengan gerhana bulan bukan tak mungkin terjadi lagi saat terjadi gerhana bulan total dengan fase totalitas lebih lama pada 9 Juni 2123, yaitu mencapai 106 menit. 
Namun peristiwa tersebut tidak akan dapat teramati dari Indonesia. Gerhana bulan total dengan fase totalitas yang lebih lama dan dapat diamati dari Indonesia baru akan terjadi pada 19 Juni 2141, yang mencapai 106 menit. (lin/mar)

Berita Lainnya :