Gunung Agung Masih Awas

 
MALANG - Seorang kawan yang berasal dari Pulau Bali dengan panik menanyakan kebenaran berita Gunung Agung sudah meletus seperti yang ia lihat di halaman facebooknya belum lama ini. Sambil memperlihatkan foto gunung tersebut sudah mengeluarkan lava. Ia yang seorang mahasiswi perguruan tinggi di Malang ini kemudian langsung mencari tahu keadaan keluarganya yang ada di Bali terkait berita Gunung Agung telah meletus tersebut. 
Beberapa saat kemudian ia kembali tenang karena keluarganya yang di Bali mengatakan bahwa Gunung Agung belum lah meletus. Dan menyatakan bahwa berita yang ia dengar tidaklah benar, alias hoax.
Beberapa terakhir, setelah Gunung Agung dinyatakan berstatus awas banyak berita bohong yang serupa beredar di beberap akun media sosial. Malang post sendiri sempat mendapatkan tautan foto-foto gunung meletus di akun facebook. 
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang  J Hartono menyatakan status Gunung Agung masih sama dengan beberapa hari lalu yakni Awas. 
“Masih sama, tidak meletus kok. Masih awas,” papar Hartono kepada Malang Post, Senin (2/10).
Kabar bahwa Gunung Agung telah meletus tersebut memang benar tidak bisa dipertanggungjawabkan. Belum lama ini pun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam situs resmi pun mengatakan hal yang sama.
Bahwa Gunung Agung masih dalam status awas. Menanggapi  berita hoax yang menyebarkan video yang menggambarkan letusan sebuah gunung berap, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan video tersebut merupakan letusan Gunung Sinabung di tahun 2015. 
"Hoax (video Gunung Agung meletus). Ini letusan Gunung Sinabung tahun 2015 yang disebarkan oknum dan mengatakan letusan Gunung Agung. Sampai saat ini Gunung Agung belum meletus," ujar Sutopo.
Hingga berita ini ditulis pun, kondisi Gunung Agung masih berstatus awas dan belum erupsi alias meletus. (ica/jon)