Bunga Mahameru Mekar 400 Tahun Sekali


MALANG – Sebuah unggahan media sosial, membikin sensasi. Bunga berwarna putih dengan kuncup merah, menggegerkan karena diklaim mekar 400 tahun sekali. Bunga tersebut diklaim bernama bunga Mahameru atau bunga Alya. Pesan tentang bunga mekar 400 tahun sekali ini, muncul di WhatsApp.
“Ini dikenal sebagai bunga Mahameru atau bunga Alya. Itu dapat ditemukan di Himalaya. Bunga setiap 400 tahun sekali. Jika kita ingin melihatnya lagi, kita harus menunggu 400 tahun lagi. Generasi kita beruntung. Jadi bagikan sebanyak mungkin. Biarkan orang lain melihatnya,” kicau pesan WhatsApp tersebut.
Namun, diketahui bahwa pesan ini mengandung hoax. Setelah ditelusuri dengan pencarian gambar Yandex.com, diketahui bahwa gambar yang terdapat dalam postingan merupakan bunga Salvia microphylla. Salvia microphylla adalah bunga yang ditemukan di alam liar di benua Amerika.
Tepatnya, di kawasan Arizona tenggara dan pegunungan di Meksiko timur, barat, dan selatan. Sehingga, bunga ini tidak tumbuh di Pegunungan Himalaya seperti dalam klaim dalam postingan. Bunga pada gambar tersebut memiliki nama lain hot lips sage. Salvia microphylla berbunga penuh pada tahun ke dua.
Bunga Salvia microphylla dapat berbunga setiap tahun dan merupakan bunga yang termasuk Evergreen. Yaitu tanaman yang tidak menghabiskan seluruh daunnya ketika musim kemarau. Deskripsi tersebut tidak sesuai dengan klaim dalam postingan, disebutkan bahwa bunga yang terdapat dalam postingan hanya berbungan 400 tahun sekali.(fin)