Bahaya Alumunium Foil Masuk ke Dalam Microwave


MALANG POST - Hati-hati dalam penggunaan almunium foil yang biasa digunakan sebagai pembungkus makanan. Kalau biasanya masih sering menggunakan almunium foil dalam memanaskan makanan di dalam microwave, maka hal itu harus dihentikan. Keberadaan alumunium foil di dalam microwave bisa menyebabkan kerusakan dan kebakaran.
Seperti yang dilansir Good Housekeeping, almunium foil  mengandung bahan logam. Dimana microwave sangat alergi dengan logam. Bukan tanpa sebab, kandungan logam di suhu dalam microwave yang sangat panas akan menimbulkan uap. Dan uap dari logam ini akan menjadi noda yang akan sangat sulit dihilangkan.
Logam pada almunium foil juga dapat menghambat energi. Hasilnya, menghangatkan makanan yang dibungkus almunium foil dalam microwave dipastikan kurang maksimal. Bahkan tak jarang, makanan tetap dingin, karena suhu panas microwave tak mampu menempus partikel-partikel logam yang ada pada almunium foil.
Yang paling perlu diperhatikan warga saat memasukkan almunuim foil ke dalam microwave karena benda ini juga dapat memicu terjadinya kebakaran. Almunium foil yang tipis akan bereaksi saat terkena panas. Dan jika itu tak segera diangkat, maka potensi menimbulkan api pun sangat besar. Dan akhirnya terjadi kebakaran.
Salah satu pengguna microwafe asal Kota Malang yaitu Sri Sulityowati pun membenarkan hal itu. Dia yang sering menggunakan almunium foil untuk menghangatkan makanan, dan memasukkannya ke dalam microwave mengalami kejadian yang tidak menyenangkan. Itu setelah terdengar suara ledakan pada alat elektronik itu.
”Dulu saya kerap menggunakan microwave untuk menghangatkan makanan. Dan makanan yang dihangatkan saya bungkus almunium foil. Terakhir saya mendengar  suara ledakan di dalam microwave saat menghangatkan makanan,’’ katanya. Kondisi inilah yang membuat dia kapok, selanjutnya memilih bahan yang aman untuk masuk ke microwave. ”Beberapa teman juga melakukan yang sama. Jadi kami pun meminta masyarakat yang hobi menggunakan microwave sebagai alat untuk menghangatkan makanan, jangan menggunakan almunium foil, karena membahayakan,’’ tandasnya. (ira/aim)

Berita Lainnya :

loading...