Ambil Semua Kesempatan

BANYAK cara meraih cita-cita dan karir yang diinginkan. Asalkan cermat membaca segala kesempatan. Inilah yang dilakukan Farina Warapsari. Perempuan kelahiran tahun 1993 ini tidak menyangka cita-citanya berkarir di lingkungan pemerintah dapat terwujud cepat.

Ia saat ini bertugas di Bidang Angkutan Jalan,  Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang. Karir ini diraih setelah mengikuti ajang Kakang Mbakyu Kota Malang tahun 2012 lalu. Prestasi tersebut ternyata batu loncatannya. “Sedikit banyak memang menjadi batu loncatan,  kenal dengan orang-orang Pemerintah Kota Malang,” ujar Farina.
Perempuan berhijab ini menjelaskan, selain mengikuti pemilihan Mbakyu Kota Malang juga mengikuti event serupa di Pemkot Malang. Yakni Pemilihan Putra-Putri Pajak pada tahun 2014 yang diadakan Badan Pelayanan Pajak Daerah (BP2D) Kota Malang. Di ajang tersebut, Farina meraih juara lalu berkesempatan bekerja di BP2D pada tahun  2015.
“Terus saya tidak lanjut lagi setelah tahun 2016. Barulah pada tahun 2017 ada lagi pendaftaran pegawai di Dishub. Saya berhasil masuk hingga sekarang,” jelasnya.
Ia menceritakan pengalamannya bekerja di lapangan sebagai petugas Dishub. Meski harus menjaga penampilan, tidak serta merta lengah ketika menjalankan tugasnya. Farina tidak segan memberikan teguran keras  terhadap para pelanggar aturan ketertiban jalan.
Selama ini, ia  mengaku menikmati pekerjaannya. Sebab, banyak anak muda seusianya. Sehingga, dia juga bisa berbagi ilmu soal lalu lintas lebih banyak.
"Itu yang membuat tidak cepat jenuh ketika bekerja. Apalagi, kerjanya tidak hanya di kantor. Tapi juga ke lapangan, interaksi langsung dengan masyarakat," papar perempuan berzodiak Aries itu.
Dia menceritakan saat menertibkan jalur, pernah memberikan teguran kepada sopir angkutan umum yang melanggar. "Ada juga yang nyetirnya ngawur. Langsung saya tegur," kata dia sambil tertawa.
Ketika memberikan teguran, Farina bersikap tegas. "Marah-marah sih tidak. Hanya menegur dengan tegas," kata dia.  Farina  ingin mendalami profesinya dan bekerja dengan lebih baik lagi. "Itu masuk resolusi tahun 2019. Mudah-mudahan pekerjaan makin lancar dan syukur-syukur bisa diangkat mejadi PNS. Selain itu, berharap yang terbaik untuk diri sendiri juga," paparnya.
Farina sebenarnya sempat merasakan kegalauan akibat susahnya mencari kerja. Meski begitu ia tidak tinggal diam dan mencoba segala sesuatu dengan kerja keras. Selain bertugas di lapangan dan mengurusi angkutan jalan, Farina juga sibuk di urusan modeling dan makeup artist.
Ia saat ini sering mendapat orderan model Make Up Artist (MUA). Ia kerap diminta kawannya untuk menjadi model MUA. Farina berpesan hal yang terpenting dalam meniti karir adalah ulet dalam bekerja. Jangan pernah menjatuhkan orang lain demi menjaga nama baik. Selain itu, perluas pergaulan. (ica/van)

Berita Lainnya :