Puasa, Jangan Biarkan Kulit Cantikmu Kelaparan


MALANG - Menjaga kesehatan kulit tubuh dan wajah, menjadi salah satu kewajiban yang dilakukan oleh masyarakat, utamanya kaum perempuan. Ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan kulit di tengah bulan puasa supaya tetap segar ketika Hari Raya Idul Fitri 2019 tiba.
Salah satu dokter kecantikan, dr.zuliatul chusniyah mengungkapkan, ketika sedang menjalankan ibadah puasa, tentunya rutinitas makan berubah. Sehingga, pergeseran makanan dan air menjadi lebih rendah karena puasa.
“Hal tersebut membuat kulit kehilangan kelembaban dan elastisitas dan membuat tampak kusam dan lelah,” terang perempuan yang akrab disapa dr. Zie ini.
Meski demikian, lanjut dia, ketika menjalani bulan puasa, bukan berarti kulit harus ikut kelaparan. “Kesehatan kulit harus tetap dijaga, supaya tampil bersinar ketika lebaran tiba nanti,” papar perempuan yang praktek di Haven Light Clinic ini.
Tips pertama yang diberikan, yakni dengan mengkonsumsi air putih delapan gelas sehari selama buka puasa dan sahur. Sebab, dengan mengkonsumsi banyak air, membantu merasa kenyang lebih lama. Bukan soda dan jus tapi air putih bisa menjadi minuman tepat untuk menjaga kondisi tubuh tetap vit saat puasa.
“Selain itu, bisa mengurangi dehidrasi, juga bisa membuat kulit lebih bersinar dan memberikan kelembaban,” terang dia ketika dikonfirmasi Malang Post, Minggu (19/5).
Lebih lanjut, dia menjelaskan, perawatan kulit saat puasa juga sangat penting. Caranya, dengan menggunakan cleanser, eksfoliasi, dan toner. Hal ini bisa menjadi rutinitas perawatan wajah. Selama Ramadan, pastikan melakukan perawatan kulit secara rutin.
“Sinar matahari dan panas memungkinkan pori-pori kulit wajah akan terbuka, sehingga ketiga perawatan kulit tersebut dapat membantu menghindari jerawat dan membuat kulit tetap bersih,” lanjut dia.
Kemudian, untuk membuat kulit semakin sehat, harus mengkonsumsi makanan kaya serat. Mulai dari buah, sayuran, kacang-kacangan.
“Makanan kaya serat bisa membantu memperbaiki kulit. Ditambah, mengonsumsi minyak esensial untuk penyembuh dan merawat kulit tetap sehat,” papar dia.
Sebagai pelengkap ketiga bahan tadi, mengkonsumsi yogurt juga disarankan. Sebab, tidak hanya membantu dalam proses pencernaan, yogurt juga merupakan salah satu makanan yang memberikan nutrisi pada kulit. “Yogurt bisa dikonsumsi pada saat sahur dan buka puasa atau sebagai masker wajah, Yogurt bisa berperan membuat kulit wajah terlihat sehat dan tidak kusam,” tandas dia. (tea/oci)

Berita Terkait