Pasang Alarm, Bangun Sahur!


SAHURLAH agar mendapat berkah. Kalau gak biasa bangun di jam 03.00 memang sangat berat untuk makan sahur. Tapi, ritual ini jangan sampai terlewat. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan supaya bisa bangun sahur.
Seperti yang dilakukan Salsabila Miranda. Pelajar yang sedang sekolah di SMAN 9 Kota Malang ini berujar bahwa sering menggunakan fitur alarm dalam ponsel untuk membangunkannya ketika sahur.
“Supaya tidak terlewatkan waktu sahur. Aku sih biasanya atur alarm sebelum tidur, supaya bisa bangunin waktu sahur dan kalau bisa tidurnya nggak terlalu malem gitu sih,” ujarnya
Ia pernah menyesal melewati waktu untuk makan sahur. Waktu itu, ia terpaksa melewatkan waktu sahur karena mengerjakan tugas dari sekolah. Karena tidur hingga larut malam. “Waktu itu, lupa buat atur alarm, eh nggak taunya kebangun udah jam 06.00 WIB. Jadinya nggak sahur dan tubuh terasa lemas waktu puasa deh,” sahut finalis Putri Kartini Malang Post 2019 ini.
Selain bergantung pada alarm, Samir, sapaannya berusaha untuk mengatur pola tidur, dengan tidak begadang terlalu larut malam.
Pentingnya makan sahur diamini salah Ananda Salsabila, pelajar dari SMAN 2 Malang. Demi kelancaran puasa yang sedang dijalaninya, ia berusaha untuk tidak melewatkan waktu sahur begitu saja. Dirinya selalu meminta bantuan kepada ibunya untuk membangunkan sahur.
“Kalau menurutku, ibu itu alarm terbaik di dunia. Memang sih, suara ibu itu paling ampuh buat bangunin aku setiap mau sahur. Pasti kalau sudah dengar suara ibu, aku langsung berusaha bangun dari kasur. Meskipun itu masih ngerasa ngantuk sih hehe,” ujarnya sambil tersenyum.
Puasa tanpa sahur, pernah dialaminya. Gara-gara tidur yang terlalu larut malam. Sehingga harus menjalankan puasa dengan kurang bergairah, dalam menjalankan aktivitas sehari-hari di bulan puasa.
Saking pentingnya waktu sahur, biar tidak kelewatan. Bahkan, ada juga loh yang minta dibangunin sama doinya. Kali ini kisah dari Anggun Maharani, siswi asal SMA Laboratorium UM Malang. Pernah suatu hari dirinya memberi kode pada doinya ‘Eh, aku kadang  susah bangun pas sahur loh.’ Sontak, langsung saja dibalas oleh doinya ‘Ya udah entar aku spam chat deh. Biar kamu bisa bangun.’ Waaah so sweet sekali couple satu ini. Ternyata benar, doinya melakukan spam chat sepanjang waktu menjelang sahur. Berhubung ponselnya tidak pernah di-silent, akhirnya ia terbangun karena spam chat yang dilakukan sama si doi.
“Pas malam-malam gitu, jadi denger notif banyak sekali. Bikin auto bangun pas sahur hehe. Pasti berisik gitu, denger notif yang ramai,” jelasnya.
Jadi, gak ada alasan lagi untuk gak makan sahur ya. Jangan lupa niat puasa agar ibadahmu diterima. Selamat menjalankan ibadah puasa, semangat! (*/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :