Ngabuburit Sehat, Puasa Makin Nikmat


Ramadhan udah memasuki hari ke 11 nih, gimana puasanya? masih semangat kan? Masih full? Apa malah udah ada yang bolong-bolong nih, hehehe. Kalau bisa jangan sampai bolong ya guys.
Puasa Ramadan memberikan banyak manfaat bagi tubuh loh. Meskipun kamu harus berjuang menahan lapar dan haus, puasa telah terbukti dapat menurunkan gula darah, menormalkan tekanan darah, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.
Namun di sisi lain, perubahan pola makan terkadang juga membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit saat puasa. Baik itu diare, sembelit, maag, ataupun asam lambung naik. But keep calm guys, kalian bisa mencegah penyakit itu dengan mengimbangi puasa dengan rutin berolahraga.
Waktu ideal untuk berolahraga adalah saat ngabuburit guys. Waktu ngabuburit bisa kita manfaatkan untuk berolahraga loh. Salah satu contohnya adalah yang sudah dilakukan Werdy Alfian Rehansyah. Mahasiswa Universitas Negeri Malang ini biasa ngabuburit dengan olahraga. Baginya hal itu sebenernya malah bikin gak gampang capek.
“Jangan tidur terus, aktifitas yang banyak biar badan nggak lemes,” kata dia.
Biasanya, lanjutnya, kalau puasa kayak terasa banget males buat aktifitas, apalagi olahraga. Tapi sebenernya kalo ngabuburit dibuat olahraga itu malah enak, semakin fit, badan jadi terasa gak gampang capek.
Memang sih olahraga saat ngabuburit bikin tubuhmu lebih fit, tapi cukup dengan olahraga yang sesuai kemampuan tubuhmu aja ya guys.  Pastikan memilih olahraga yang tidak membuat lemas dan pusing, misalnya seperti jogging, jalan kaki, atau bersepeda berkeliling rumah.
Seperti yang sudah dilakukan oleh Irene Erika, salah satu mahasiswi dari Binus Malang. Ia mengungkapkan bahwa ia sering sekali menghabiskan waktu ngabuburitnya dengan jogging di Lapangan Rampal. Menurutnya ngabuburit dengan berolahraga itu dapat menyehatkan badan.
“Kalau aku sering ngabuburit di Lapangan Rampal sambil olahraga, pulangnya baru cari minum atau makan buat buka puasa,” kata dia.
Menurutnya, di luar Ramadan, ia suka olahraga di pagi hari. Tapi berhubung puasa, jadi olahraganya diganti sore hari.
“Menurutku lapangan Rampal tempat yang enak buat ngabuburit, biasanya juga ramai sama orang-orang yang berolahraga sebelum buka,” terang Irene dengan antusias.
Lain halnya dengan Yusrica Paulina,salah satu mahasiswi dari Universitas Negeri Malang. Yusrica mengungkapkan kalau ia sering menghabiskan waktu ngabuburitnya dengan bersepeda mengelilingi komplek tempat tinggalnya. Ia melakukan hal itu karena hobi, dan agar tetap sehat walaupun berpuasa.
“Ngabuburit yang sehat adalah yang bermanfaat dong tentunya dan tidak hanya tidur-tiduran aja . Kalau aku sih terkadang menghabiskan waktu ngabuburit dengan berolahraga, sekitar 2 atau 1 jam sebelum berbuka,” jelasnya.
Agar tidak menyebabkan dehidrasi, tentunya olahraga ringan yang dilakukannya.
“Kalau menurutku bersepeda itu termasuk ringan karna sambil menikmati udara segar di sekitar komplek,” ungkap Yusrica
Olahraga memang penting untuk tubuh kita, karena dapat membuat tubuh kita menjadi lebih fit dan sehat. Para ahli menyarankan bahwa waktu terbaik berolahraga di bulan puasa adalah menjelang berbuka puasa atau sesudah berbuka puasa. Sementara waktu terburuk untuk berolahraga di bulan puasa adalah di tengah hari, karena mereka yang berpuasa akan melelahkan diri dan tidak dapat mengisi energi.
So,gimana nih guys? Masih tetep menghabiskan waktu ngabuburitmu dengan tidur-tiduran aja? Usahakan jangan yaa. Rutin-rutinlah berolahraga karena olahraga merupakan obat ajaib yang bisa kamu dapatkan dengan mudah tanpa biaya mahal! (*/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :