Mama Penjaga Rahasia


 
Curat (Curahan Hati) menjadi aktivitas yang nggak pernah terlepas dari kehidupan manusia, begitu pula remaja). Manusia mana sih yang nggak pernah dapat masalah gengs? Pastinya semua pernah mengalami, mulai dari sepele hingga rumit. Curhat bisa menjadi alternatif solusi untuk melegakan beban yang ada dalam hati.
Alih-alih ingin mendapatkan solusi, curhat justru sering kali membuat permasalahan semakin runyam karena dibagi dengan orang yang nggak tepat. Teman memang selalu menjadi pilihan pertama kebanyakan remaja untuk berbagi keluh kesah, tapi nggak semuanya mendapatkan solusi yang diharapkan. 
Keberadaan orang tua bisa menjadi teman curhat yang tepat. Selain sudah memahami karakter kita, orang tua juga bisa memberi solusi lewat pengalaman hidupnya, sehingga hal tersebut lebih bermanfaat dan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Salah satu GenZier yang lebih suka curhat terhadap orang tua adalah Yasmin Azzahra Jannata. Mama menjadi orang terfavorit yang selalu ia pilih karena menurutnya sebagai sesama perempuan, mama bisa lebih mengerti posisinya. 
“Mama lebih bisa mengerti posisiku sebagai anak perempuan, sehingga aku bisa cerita banyak hal mulai dari fisik, asmara, pertemanan maupun yang lain. Aku rasa solusi dari mama lebih pasti dan sudah teruji,” beber siswa SMAN 9 Malang tersebut.
Bukan hanya sebagai sesama perempuan, Yasmin juga melanjutkan jika sang mama nggak selalu mendukung posisi yang sedang ia alami. Jika ia berada pada posisi yang salah, Mama nggak segan-segan untuk menegur.
“Curhat bukan berarti kita selalu benar kan, di saat aku emang salah, Mama juga menegur dan memberikan penjelasan. Terkadang kalau sama teman kan ada yang justru jadi kompor,” sambungnya.
Curhat dengan orang tua nggak selamanya kaku kok. Ada kalanya mereka bisa menjadi teman cerita yang menyenangkan dan nyaman. Apa lagi orang tua juga pernah muda dan pasti sedikit banyak pernah mengalami hal yang sama sebagai seorang remaja. Selain itu, rahasia dari isi hati kita pasti juga akan terjaga dengan rapi, sedikit berbeda jika curhat dengan teman seumuran. 
Hal tersebut juga yang disadari oleh Deafrin Kirana Senabilla. Curhat pastinya private dan nggak ingin semua orang mengetahuinya. Hal tersebut yang membuatnya lebih memilih orang tua sebagai teman ceritanya. 
“Sahabat emang nggak pasti selalu baik, apa lagi teman biasa. Ada kalanya saat kita berselisih, hal privasi kita seperti curhatan jadi bocor atau mereka emberlah. Ada kalanya juga diadu domba. Maka dari itu curhat dengan orang tua adalah hal terbaik,” ungkap siswa SMKN Telkom ini.
Selain kerahasiaan dari ceritanya yang emang ingin benar-benar dijaga, kepercayaan yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya adalah kenyamanan tersendiri yang selalu ia rasakan. 
“Seburuk apapun hal yang aku ceritakan, Mama sebagai orang yang paling sering mendengar ceritaku selalu bisa mengerti kondisinya dan memandang dari sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan orang. Di situ aku merasa Mama is the best way to share my story,” pungkas siswa kelas 12 tersebut.
Curhat dengan anggota keluarga apa lagi orang tua memanglah hal yang terbaik. Meskipun nggak semua orang prefer curhat dengan orang tua, tapi cobalah terbuka mulai dari sekarang ya gengs. (*/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :