Kolak dan Es Buah, Pilihan Takjil Paling Favorit


MENUNGGU bedug sambil nyiapin takjil favorit emang menyenangkan ya. Apalagi kalau menunya adalah favorit kita. Apa saja sih menu takjil favorit yang selalu saja dicari setiap buka puasa.
Dari survey yang dilakukan Malang Post, beberapa menu jadi pilihan untuk membatalkan puasa. Ada yang pilih es buah, gak sedikit juga yang menyukai kolak.
“Es buah buat takjil itu seger banget, itu favoritku untuk buka puasa,” ujar Nasywa yang masih duduk di bangku SMP.
Pilihan Nasywa memang gak salah  ya, setelah seharian menahan haus, semangkuk es buah tentu akan nikmat terasa. Macam-macam es buah juga cukup memanjakan lidah kita. Ada es buah kolang-kaling, es buah saus sirsak, atau es buah rumput laut, atau es campur. Segarnyaaa...
Menu takjil tradisional tapi tetap punya banyak penggemar adalah kolak. Yups, rasanya manis dan legit.
“Suka banget takjil dengan kolak, karena segar dan gak bikin ngantuk,” kata Fitri.
Kolak atau es buah memang termasuk makanan atau minuman yang bisa dengan cepat mengembalikan energi serta elektrolit tubuh yang berkurang selama puasa. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kolak pisang ternyata memiliki berbagai macam nutrisi layaknya lemak, kalsium, mineral, karbohidrat, kalium, dan juga protein.
Seperti dirilis Kumparan, makanan manis bisa mengembalikan energi tubuh. Karenanya setelah santap makanan manis, jadi merasa lebih berenergi dan bisa merasa kenyang kalau kebanyakan. Efek kenyangnya itu berasal dari gula, meski kenyang yang ditimbulkan sebenarnya tidak memiliki gizi cukup yang dibutuhkan tubuh. Bukan hanya cepat menaikkan gula darah, tapi ternyata juga cepat menurun drastis. Akhirnya setelah merasa kenyang sebentar, tubuh kembali lemas.
Untuk itu, setelah makan takjil dengan porsi cukup, jangan lupa bersama seluruh anggota keluarga Anda konsumsi makanan utama yang kaya nutrisi, ya! Jadi, kalian tim mana? Kolak atau es buah nih..) (*/oci)

Berita Terkait