ANDROID VS iOS

 
Siapa sih di antara kalian yang nggak pake smartphone. Di jaman serba canggih seperti ini, smartphone udah jadi salah satu kebutuhan pokok. Apalagi buat kita anak milenial, hehehe… Nah, bagi kalian pengguna smartphone, pasti nggak asing sama yang namanya Android dan iOS dong…
Android dan iOS merupakan operating system (OS) yang digunakan di gadget pintar kamu nih gengs. Masing-masing OS memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga banyak dari pada penggunanya terkadang bingung untuk menentukan pilihan, antara Andorid atau iOS. Nah kalo GenZier disuruh milih, kira-kira OS mana nih yang jadi andalannya?
iOS merupakan OS yang digunakan gadget milik Apple. Mulai dari iPhone, iPad, sampai iMac yang selalu bisa diupdate setiap ada pembaharuan sistemnya. Kalau Andorid, nggak hanya dimonopoli oleh salah satu merek aja gengs. Hampir semua merek gadget menggunakan OS ini. Mulai dari Samsung, LG, Lenovo, Moto, Oppo, Xiaomi dan masih banyak lagi.
Ngomong soal milih Android dan iOS nih gengs, salah satu GenZier, Krisna Dwi Satria ternyata udah punya pilihan loh. Dia mengaku lebih suka menggunakan gadget dengan OS Android karena lebih fleksibel dan mudah pengoperasiannya. 
“Aku lebih suka pakai Android karena selain pengoperasiannya lebih mudah dan juga familiar, untuk digunakan berbagai kebutuhan sekolah juga enak. Kalau iOS kan terbatas,” jelas siswa SMAN 1 Tumpang.
Selain karena Android memang fleksibel dan lebih banyak digunakan di kalangan pelajar, Krisna juga juga menjelaskan kalau Android memiliki harga yang relatif lebih terjangkau dengan spesifikasi dan kemampuan sama yang dimiliki iOS. 
“Hampir semua aplikasi yang ada di Play Store itu gratis dan tinggal download aja. Selain itu, hardwarenya Android juga lebih terjangkau dan spesifikasinya bermacam-macam. Sehingga untuk pemenuhan berbgai kebutuhan itu sangat memungkinkan,” pungkas Krisna.
Store milih iOS memang nggak seterbuka Android ya gengs. Setiap aplikasi yang tersedia harus melewati seleksi pihak Apple dengan sangat ketat. Jadi aplikais yang cuma iseng-iseng aja nggak akan pernah ada di iOS. Berbeda halnya dengan Android, karena bersifat open source, banyak pihak-pihak yang bisa mencari keuntungan lewat aplikasi yang mereka unggah di Play Store. Tapi jadinya terkesan nyepam gitu sih. 
Selain Krisna sebagai pecinta Android, ada juga GeZier yang sudah paham soal iOS. Sherryra Candyna Amajida merupakan pengguna iPad yang cukup lama dengan mengenal apa kekurangan dan kelebihan dari OS yang dimilikinya. “Aku lebih suka iOS karena aplikasinya lebih eksklusif. Langsung dibuat atau dikontrol oleh Apple sendiri,” paparnya.
Selain hal tersebut, siswa SMKN 2 Malang ini juga mengatakan perangkat-perangkat bawaan yang dibawa oleh iOS memiliki kualitas yang cukup tinggi. Salah satunya adalah kamera. Meskipun pixel yang disediakan perangkat Apple ini nggak terlalu tinggi, namun kualitas gambar yang dihasilkan nggak kalah dengan milik Android. 
“Kamera itu kan hal penting, apalagi buat cewek. Kalau bawaan milik iPhone itu koreksi warnanya bagus dan tone serta fasilitas lainnya lebih mendukung gambar. Sehingga sangat memungkinkan hasilnya bagus,” pungkas Sherry sambil tertawa. (*/nda)
 

Berita Terkait