Nilai UTBK Dibawah 500 Waspada Persaingan


MALANG - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan perolehan hasil nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilaksanakan oleh siswa beberapa waktu yang lalu. Nilai ini menjadi acuan pendaftar untuk bersaing di jalur Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2019.
Kasubag Kearsipan dan Humas UB  Kotok Gurito, SE menjelaskan, nilai UTBK sangat menentukan lolosnya peserta untuk masuk SBMPTN. Ia mengimbau bagi siswa yang berada di kelompok range nilai menengah kebawah hendaknya memilih prodi dengan jumlah peminat yang sedikit. 
“Agar peluang diterimanya besar, maka pemilik nilai tengah sebaiknya memilih prodi yang peminatnya sedikit.  Karena persaingan SBMPTN memakai standar nilai UTBK,” katanya.  
Ia mengungkapkan, prodi yang berpeluang besar untuk menerima mahasiswa untuk range nilai menengah ke bawah diantaranya yang berada di naungan fakultas peternakan dan perikanan. Sedangkan untuk kelompok sains di prodi Fisika.
“Itu prediksi kami dengan mengacu data tahun lalu,” ungkapnya.
Range nilai UTBK kategori menengah kebawah berkisar kurang dari 500. Sedangkan menengah ke atas lebih dari 500.  
“Untuk kelompok teknik yang peminatnya terbanyak yaitu teknik pertanian,” ungkapnya.
Seperti diketahui, hasil rekapitulasi nilai disajikan secara statistik kumulatif keseluruhan peserta yang telah mengikuti UTBK 13 April sampai 26 Mei. Informasi disampaikan sebagai gambaran secara total dari keseluruhan peserta dengan pembagian kelompok Saintek dan Soshum.
Peserta juga bisa melihat secara individu nilai UTBK nya melalui laman https://pengumuman-utbk.ltmpt.ac.id dengan menggunakan username dan password yang dipakai saat pendaftaran UTBK.
Dari hasil rekapitulasi kumulatif penyebaran jumlah peserta menurut range nilai UTBK, terpantau dari kelompok saintek tes potensi skolastik range nilai terendah dibawah atau sama dengan 300 sebanyak 3.052 peserta dari materi kemampuan kuantitatif.
Peserta paling banyak berada di posisi range nilai antara 401 sampai 500, yakni sebanyak 220.687 peserta untuk materi pengetahuan dan kemampuan umum. Adapun range nilai tertinggi diatas 901 paling banyak 199 peserta untuk materi kuantitatif.  Selain pengetahuan umum dan kuantitatif di bidang potensi skolastik juga ada kemampuan penalaran umum dan kemampuan memahami bacaan dan menulis.   
Sedangkan dari bidang akademik dari kelompok saintek, mapel matematika range nilai dibawah 300 sebanyak 2.227 peserta dan range nilai diatas 900 sebanyak 259 peserta. Mapel Fisika range nilai dibawah 300 sebanyak 3503 peserta dan range nilai diatas 900  sebanyak 113 peserta. Mapel kimia range nilai dibawah 300 sebanyak 7740 peserta dan range nilai diatas 900  sebanyak 340 peserta. Mapel biologi range nilai dibawah 300 sebanyak 2685 peserta dan range nilai diatas 900  sebanyak 59 peserta.
Kotok memberikan bocoran, peluang besar untuk beberapa program studi UB ada di Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) Kediri.  Antara lain prodi agroeko teknologi, agribisnis, peternakan, akuakultur dan sosial ekonomi perikanan. “Boleh dicoba, peluang disana masih sangat besar untuk para peserta,” tukasnya.
Sementara itu Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Negeri Malang (UM)  Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si mengimbau para pendaftar SBMPTN memilih prodi sesuai dengan bakat dan nilai UTBK-nya.
Peserta pemilik nilai UTBK yang standart hendaknya memilih jurusan yang peluang masuknya besar. Di UM sendiri, kata dia, beberapa prodi dengan jumlah peminat yang besar selama ini antara lain Akuntansi, Manajemen, Informatika dan Bahasa Inggris. “Cobalah jurusan yang berpeluang besar untuk diterima seperti bahasa Mandarin,” ucapnya, Senin (10/6) lalu. (imm/oci)

Berita Lainnya :