Momen Belajar Tata Cara Sembelih Hewan Kurban


MALANG - Selain manasik haji, di Bulan Dzulhijjah, siswa-siswi MTs Negeri 1 Kota Malang juga diajarkan cara menyembelih hewan kurban sesuai syariat Islam. Di sesi ini siswa tidak hanya diajarkan teori, tetapi juga dipraktikkan langsung oleh H. Mujiono, S.Ag selaku guru agama di MTs Negeri 1 Kota Malang. Mujiono memang dipercaya oleh madrasah untuk menyembelih hewan kurban setiap tahunnya. Baik penyembelihan di madrasah atau hewan yang disalurkan ke luar madrasah dalam bingkai acara bakti sosial. Sehingga keahliannya dalam menyembelih hewan kurban, tidak diragukan lagi.
Penyembelihan hewan kurban di madrasah Jalan Bandung ini dilaksanakan, Senin (12/8) lalu. Dalam kesempatan tersebut, Mujiono menjelaskan kepada seluruh siswa yang menyaksikan, dalam penyembelihan hewan harus diperhatikan beberapa hal sehingga sesuai dengan syariat Islam.
Khususnya penyembelihan hewan kurban. Harus dipilih binatang yang sehat dan sudah masuk umur untuk dikurbankan.  Demikian juga cara penyembelihan dan alat pisau yang digunakan harus benar-benar tajam.
"Hewan diperlakukan sebaik mungkin dan alatnya harus tajam agar hewan tidak tersiksa karenanya," ucapnya.
Penyembelihan harus tepat, yakni memotong dua urat yang ada di kerongkongan leher sebagai saluran makanan dan nafas. Disini ada dua urat nadi kanan dan kiri.
"Keduanya harus terpotong sekaligus agar darah dalam tubuh hewan semuanya keluar, tidak mengendap dalam tubuh," terangnya.
Dan yang jangan sampai terlupakan, kata Mujiono, sebelum memotong harus menyebut Nama Allah, sesuai ajaran Islam. Agar hewan yang disembelih bersih dan halal untuk dimakan.
Seluruh siswa memperhatikan dengan seksama proses pembelajaran yang begitu bermakna tersebut. Banyak dari mereka yang memperhatikan dengan jarak dekat. Tapi juga tidak sedikit yang memperhatikan dari lantai dua dan tiga gedung madrasah.
Tak ketinggalan, Kepala MTs Negeri 1 Kota Malang, Drs. H. Samsudin, M.Pd turut hadir menyaksikan penyembelihan sapi jumbo dengan bobot 1,2 ton tersebut. Ia ikut membantu memegang tali ikat hewan saat proses penyembelihan.
Samsudin mengatakan, materi penyembelihan hewan penting untuk diketahui oleh para siswa. Sebab dalam hal ini agama menuntun dengan rinci sehingga harus benar-benar dimengerti.
"Semoga ini menjadi pembelajaran yang berharga bagi anak-anak kami. Dan bisa bermanfaat di masa yang akan datang saat mereka hendak menyembelih hewan kurban," ucapnya. (imm/oci)